Apa penyebab benjolan di vagina?

C Info Penanya: C, Wanita, 19 Tahun
Dok? Sebenarnya ini udah berapa kali gitu si dok dan saya sanking lupanya sejak kapan tapi yang pasti ini bukan yg pertama kali vagina saya mendapatkan benjolan diluar vagina yang sepeerti bentol yang kalau dipegang sakit dan sangat mengganggu.. Itu kenapa ya dok? Dan cara mengatasinya gimana? Mohon bantuannya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi C,

Benjolan di vagina adalah gejala yang bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti diantaranya adalah adanya kantung berisi cairan atau kista, pelebaran pembuluh darah atau varises, adanya infeksi di sekitar vagina baik karena virus seperti herpes atau kutil, dan kemungkinan lainnya.

Jika benjolan hilang timbul biasanya mengikuti siklus menstruasi maka benjolan bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan terutama kista bartholin. Dimana kelenjar bartholin merupakan kelenjar yang memproduksi cairan vagina. 

Untuk itu jika terasa nyeri dan mengganggu atau benjolan makin besar maka perlu segera diperiksakan agar dipastikan penyebabnya. Nantinya penanganan akan dilakukan sesuai dengan penyebabnya mulai dari pemberian obat sampai tindakan medis seperti apabila disebabkan oleh kista dimaan bisa dilakukan tindakan pengosongan kista ataupun upaya lain seperti kompres dengan air hangat untuk membantu mengurangi dan mengempiskan benjolan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Leher bengkak bisa terjadi di satu ataupun kedua sisi leher

Leher Bengkak? Coba Telusuri Penyebabnya

Bengkak di leher bisa dikarenakan oleh berbagai macam faktor. Namun terkadang, bengkak di leher bisa menjadi suatu pertanda adanya penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti infeksi telinga, abses, gondongan, dan sebagainya.