19 Jan 2021, 23:31Kulit & Kelamin

Benjolan di vagina apa solusinya?

VB
Info Penanya: VB0
Dok, saya ada benjolan di sebelah kiri bawah vagina saya dok. Kadang kalau mau buang air kecil sakit dok, apakah itu berbahaya dok. Saya heran dok diumur saya yg masih mudah begini yaitu 19tahun knp bisa terdapat benjolan tersebut dok? Padahal saya sama sekali belum pernah melakukan hubungan intim atau pernikahan dok. Gimana solusinya dok?
137 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang VB,Vagina adalah organ sensitif wanita dan adanya gangguan pada area vagina ini seringkali dikaitkan dengan infeksi menular seksual yang tentunya dilakukan oleh wanita yang sudah berhubungan seksual. Namun sebenarnya wanita yang belum berhubungan seksualpun bisa saja mengalami gangguan pada vagina bila tidak menjaga kebersihan kelamin dengan benar.Penyebab benjolan di sebelah kanan atau kiri lubang vagina seringkali disebabkan oleh kista bartholin. Kista bartholin ini terbentuk akibat saluran kelenjar bartholin tersumbat sehingga tidak berkaitan dengan Anda sudah berhubungan seksual atau belum. Perawanpun bisa saja mengalami gangguan kista bartholin ini. Kista ini seharusnya tidak nyeri dan bisa menghilang dengan sendirinya namun bila kista ini terinfeksi oleh bakteri maka akan berubah menjadi bartholinitis. Bartholinitis inilah yang akan terasa nyeri, bengkak, kemerahan dan teraba panas bila disentuh.

Penanganan untuk bartholinitis adalah:

  • Kompres benjolan menggunakan air hangat.
  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya.
  • Benjolan jangan ditekan-tekan agar tidak menjadi keras.
  • Gunakan celana yang longgar agar benjolan tidak tertekan dan nyeri.
Bila benjolan tetap terasa nyeri selama 5 hari atau bertambah besar maka lakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut.Salam sehat,dr. Vina
kista bartholinabses bartholinkesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil