26 Sep 2020, 12:08Kandungan

Benjolan di vagina tanpa ada riwayat berhubungan intim, apakah berbahaya ?

AH
Info Penanya: AH, Wanita, 16 Tahun
halo dok, muncul benjolan di luart bibir vagina bagian atas diantara rambut-rambut halus. tidak ada rasa sakit. saya tidak pernahberhubungan intim. kira-kira apa? dan apakah bahaya?
534 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, AH.Benjolan di vagina merupakan keadaan yang dapat terjadi karena berbagai kondisi medis. Kondisi medis tersebut umumnya berhubungan dengan kondisi organ reproduksi. Ada yang bersifat ringan hingga yang lebih serius.

Beberapa kondisi medis tersebut, antara lainnya ialah :

  • kista bartholin
  • varises vagina
  • kista vagina
  • dan lain-lainnya
Mengenai Benjolan di vagina yang Anda alami tanpa adanya riwayat berhubungan intim mungkin disebabkan oleh salah satu kondisi medis diatas. Kondisi yang sering terjadi adalah kista bartholin, namun untuk memastikannya, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter ahli. Akan tetapi apabila benar berupa kista bartholin maka umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dengan bantuan kompres hangat yang dapat dilakukan sehari 3-4 kali, dengan durasi 10-15 menit setiap kali mengompres.Namun apabila kista berubah menjadi nyeri dan disertai nanah, maka kondisi tersebut sudah perlu untuk ditangani lebih lanjut, karena sudah ada infeksi bakteri. Pada kondisi tersebut Anda sudah perlu untuk memeriksakan diri ke dokter Kandungan untuk penanganan yang tepat. Begitu pula jika benjolan tidak kunjung menghilang hingga berbulan-bulan.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
benjolkesehatan vaginakesehatan wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil