Benjolan di vagina, apa penyebabnya?

DN Info Penanya: DN, Wanita, 1 Tahun
selamat malam dok. saya umur 18 tahun ada benjolan di luar vagina saya udah lama sekitar 1 tahun tidak sakit dan tidak bertambah besar dan tidak gataltapi ada nanah diujungnya itu namun tidak ada perih saya juga blm menikah tidak pernah cukur rambuttolong dijawab dok soalnya udah 1 tahun saya kira bakal kempes sendiri tapi tidak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, DN.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan bisa muncul di mana saja dengan penyebab yang bervariasi. Beberapa hal di antaranya adalah karena kongenital (bawaan lahir), infeksi yang menyebabkan inflamasi, kista (benjolan yang berisi cairan), cedera, serta karena adanya pertumbuhan abnormal dari sel tubuh atau tumor.

Terkait dengan keluhan yang Anda sampaikan, benjolan pada vagina bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah kista kelenjar bartholin. Pada kondisi normal, kelenjar bartholin berfungsi untuk menghasilkan cairan lendir vagina. Pada keadaaan tertentu, kelenjar ini dapat tersumbat sehingga menimbulkan kista. Umumnya kista kelenjar bartholin ini tidak menimbulkan rasa nyeri, namun jika ukurannya besar dapat menimbulkan rasa nyeri.

Selain itu kondisi Anda bisa juga diakibatkan oleh folikulitis atau peradangan pada tempat rambut tumbuh (pada kasus ini peradangan terjadi pada folikel rambut kemaluan). Folikulitis biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, sehingga sering ditemukan nanah pada kasus tersebut. 

Tindakan yang dapat anda lakukan adalah:

  • Menjaga kebersihan organ kewanitaan
  • Gunakan pakaian dalam dengan bahan yang menyerap keringat
  • Usahakan mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari
  • Rajin mengganti pembalut pada saat haid

Jika keluhan dirasakan tidak membaik, segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kompres dingin di atas kulit yang memar

Langkah Berbeda Pertolongan Pertama Memar di Kulit, Mata, Kepala, dan Pergelangan Kaki

Gunakan kompres dingin segera setelah cedera terjadi. Temukan asal darah, jika tampak mencurigakan, segera cari dokter spesialis yang dapat membantu Anda. Jika penglihatan Anda menjadi kabur dan merasakan sakit tidak tertahankan, segera cari pertolongan medis.