16 Jun 2021, 13:53Penyakit Lainnya

Apakah benjolan di testis pasti karena varikokel?

H
Info Penanya: H0
Halo dok, saya Haru umur 18thn, jadi di atas atas testis saya seperti ada benjolan, kayak urat gitu, tapi saya tidak tau apa itu, jika di raba terasa seperti urat, seperti memegang 1 cacing, benjolan ini sudah lumayan lama dari akhir tahun kemarin, tapi saya biarkan, sampai tadi saya tidak sengaja membaca tentang varikokel dan gejalanya hampir sama, saya jadi khawtir dok, apalgi bisa mengakibatkan kemandulan, apakah saya terkena varikokel dok? dan apakah saya akan terkena mslh kesuburan nantiny?
222 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, HTerima kasih atas pertanyaannya.Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah di kantung testis sehingga testis tampak lebih besar dan terlihat seperti ada benjolan.  Pada beberapa kondisi varikokel memang memiliki risiko untuk menganggu produksi sperma di testis sehingga ketika dilakukan uji kualitas sperma kemungkinan akan ditemukan kelainan di sperma.

Penyebab benjolan di testis selain varikokel :

  • Kista epididimis berupa kantung berisikan cairan ataupun sperma yang teradapat di kantung testis
  • Hidrokel atau penumpukkan cairan di kantung testis sehingga testiskan akan terlihat lebih besar dan bengkak.
  • Hernia yang terjadi ketika adanya usus yang turun dari organ perut akibat terjadi kelemahan pada jaringan rongga perut.
  • Tumor atau pertumbuhan jaringan di testis atau kantung testis yang abnormal sehingga membentuk suatu benjolan.
  • Infeksi pada epididimis testis atau testis itu sendiri.
Pada pria, kesuburan ditentukan oleh kualitas sperma yang dihasilkan.  Uji kualitas ini melihat jumlah sperma, pergerakan dan bentuk sperma.  Karena pada kondisi varikokel mempengaruhi produksi sperma sehingga kualitas sperma menurun maka secara tidak langsung varikokel dapat menjadi salah satu faktor yang menganggu kesuburan seorang pria.  Karena benjolan di testis tidak hanya karena varikokel maka lakukan pemeriksaan sedini mungkin ke dokter spesialis urologi untuk dilihat bagian testisnya sehingga dapat dipastikan benjolan karena varikokel atau kondisi lain. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kistatumorherniahidrokelepididimitisvarikokelreproduksi pria
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil