29 May 2021, 23:03Kulit & Kelamin

Apakah bahaya jika timbul benjolan di testis?

AJ
Info Penanya: AJ0
Jadi dok awal itu di testis kotor karena jarang mandi menjadi kerak saat mandi saya sering membersihkan nya tetapi tidak sengaja seperti luka gores setelah itu tumbul benjolan di area luka dan akhirnya membesar sampai sekarang dan udah ga tumbuh tetep di ukuran kacang tanah itu berbahaya atau ga dok?
178 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, AJTerima kasih atas pertanyaannya.Benjolan di testis dapat menjadi penanda adanya gangguan baik di kulit dari kantung testis atau pada bagian testis itu sendiri dari mulai reaksi alergi hingga penyakit di testis.

Penyebab benjolan di area testis :

  • Kista atau kantung berisi cairan atau darah yang timbul pada kulit bagian dalam sehingga terkadang dapat menimbulkan benjolan yang tidak nyeri. Kista yang nyeri maka penanda terjadi infeksi pada kista.
  • Jerawat yang timbul karena sumbatan di pori-pori kulit akibat sel kulit mata, kotoran juga keringat dan minyak sehingga timbul peradangan berupa jerawat.
  • Peradangan di epididmis testis dan bagian testis itu sendiri.
  • Kutil kelamin atau penyakit kulit di area kelamin yang disebabkan infeksi virus.
  • Infeksi sekunder dari bekas luka sebelumnya yang tidak tertangani dengan baik.
  • Infeksi jamur, bakteri, dan penyakit kelamin.
Bila saat ini yang dirasakan tinggal benjolan yang menetap, ada baiknya periksa terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan langsung benjolan apakah benjolan karena gangguan di testis atau penyakit di kulitnya saja sehingga dapat dipastikan bahaya atau tidaknya dan diatasi dengan tepat.Sementara ini tetap jaga kebersihan kelamin, hindari memegang atau menekan benjolan terlalu sering, perbanyak air putih, tunda aktivitas seksual apapun termasuk masturbasi, serta hindari menahan buang air kecil agar tidak menimbulkan penyakit lanjutan baik pada testis dan area kelamin lainnya.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kulit sekitar kelaminkistapenyakit priakutil kelaminreproduksi pria
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil