Benjolan di testis

AA Info Penanya: AA, Pria, 1 Tahun
Dok saya mw brtanya,ada benjolan d dalam kantung buah jakar saya,tepatnya d sebelah kiri,,namun tidak sakit tapi kerasSebelumnya saya pernah sakit infeksi saluran kemih dokMohon jawabanya dok? Dan bgaimana pnyembuhanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Benjolan pada testis adalah keluhan yang bisa terjadi karena beberapa kemungkinan penyebab, bisa disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah yang tidak normal atau disebut varikokel, bisa karena penumpukan cairan atau disebut hidrokel, bisa karena isi perut yang menembus otot atau disebut hernia, bisa karena masalah di kulit, infeksi ataupun penyebab lainnya.

Apabila terdapat benjolan ditestis perlu diperhatikan juga apakah disertai pembengkakan ataupun ada perubahan ukuran testis. Pada varikokel sendiri jika tidak segera ditangani atau varikokel dengan derajat sedang sampai berat, bisa membuat aliran darah terganggu dan juga membuat ukuran testis menjadi lebih kecil, kondisi ini juga bisa berpengaruh pada kesuburan pria.

Untuk itu apabila ada benjolan di testis sebaiknya bisa memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis urologi untuk dipastikan apa penyebabnya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan USG. 

Hal yang dapat dilakukan sementara diantaranya adalah:

  • Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat
  • Minum obat pereda nyeri seperti parasetamol jika timbul rasa sakit pada testis
  • Hindari aktivitas berat terutama mengangkat barang berat ataupun aktivitas berat lain
  • Lakukan pemeriksaan atau perabaan pada testis secara berkala untuk melihat apakah benjolan membesar atau melebar

Nantinya penanganan benjolan pada testis sendiri tergantung dari penyebabnya, baik dengan pengobatan sampai tindakan operasi jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulup penis yang terlalu ketat sering sekali dialami oleh pria yang belum sunat

Mengenal Penyebab Kulup Penis Terlalu Ketat

Kulup penis yang ketat adalah gangguan yang terjadi pada pria yang belum melakukan prosesi sunat. Infeksi penyakit seksual dapat menjadi salah satu penyebabnya.