Benjolan di tangan kanan, apa bahaya?

S Info Penanya: S, Wanita, 19 Tahun
Siang Dokter. Saya sudah hampir 1 bulan di pergelangan tangan kanan dekat nadi saya ada benjolan sebesar sekitar 2 cm, dan tidak keras. Tidak terlalu sakit kalau dipegang. Tapi jika untuk mengangkat berat, dan bila tangan digerakan tiba-tiba terasa sakit. Tindakan apa yang harus saya lakukan ?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Ibu S,

Benjolan pada pergelangan tangan, makin bertambah besar dan sakit kemungkinan benjolan itu adalah ganglion. Ganglion dapat tumbuh dipergelangan tangan dan pergelangan kaki. Bila membesar dapat mendorong jaringan dan syaraf sekitarnya sehingga menimbulkan rasa sakit.

Umumnya ganglion dapat hilang dengan sendirinya, namun karena lokasi yang berhubungan dengan trauma berulang maka sering ganglion bertambah besar. Operasi umumnya tidak diperlukan bila tidak menimbulkan gejala yang mengganggu seperti tidak terasa sakit, tidak membesar dan tidak mengganggu secara estetika.

Kemungkinan lainnya adlah ateroma, atau tumor kulit kulit lainnya.

Untuk konsultasi lebih lanjut, Ibu sebaiknya segera  menghubungi Dokter Spesialis Bedah umum (SpB) terdekat.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketahui perbedaan stretchmark dan selulit agar tau cara menanganinya

Kenali Perbedaan Stretchmark dan Selulit agar Penanganannya Tepat Guna

Selulit dan stretchmark termasuk dua masalah kulit yang sering menghampiri perempuan. Selulit dan stretchmark tidaklah sama, stretchmark umumnya muncul di perut, payudara, lengan, bokong dan paha.  Sedangkan selulit kerap timbul pada paha belakang dan bokong.