20 Jun 2020, 03:41Penyakit Lainnya

Benjolan di sekitar lubang anus yang bernanah, bagaimana mengobatinya ?

SU
Info Penanya: SU, Pria, 44 Tahun
Ass..Mlm dok' sy ada benjolan di sek8tar anus yg sdh mulai bernanah,sy sdh berobat tetapi blm ada obat yg bs untuk mengurangi sakit nya.maaf dok posisi sy saat ini ada di sebuah lembaga pemasyaraktan..ya terkadang sy lihat suka dikasih obat yg bukan penyakit yg sy derita.mohon petunjuk dokter obat yg bisa mengurangi benjolan itu.seblum dan sesudah nya terimakasih..
17619 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, Waalaikumusalam ZB.Benjolan di sekitar lubang anus yang sudah bernanah dapat terjadi karena berbagai kondisi medis. Kondisi tersebut pun dapat berupa kondisi yang ringan maupun yang lebih serius.

Berikut beberapa kondisi medis penyebab benjolan anus yang bernanah, diantaranya adalah :

  • infeksi bakteri sekunder pada wasir
  • infeksi bakteri sekunder pada fisura ani
  • abses anus yang juga disebabkan oleh infeksi bakteri
Mengenai keadaan Anda, terlebih dahulu perlu dipastikan diagnosa dan penyebab utama dari kondisi medis yang dialami karena penanganan dan pengobatannya akan dapat berbeda-beda pada setiap faktor penyebab. Itulah mengapa masyarakat kerap kali menyangka pemberian obat yang diberikan oleh dokter tidak tepat, karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penyakitnya serta kurangnya terjalin komunikasi antara masyarakat dan tenaga medis. Maka ada baiknya Anda bertanya lebih lanjut tentang pengobatan yang diberikan oleh dokter Anda jika Anda masih kurang paham saat dilakukan pengobatan.Untuk sementara, karena kami tidak melakukan pemeriksaan secara langsung, keluhan nyeri yang Anda alami dapat ditangani dengan mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek agar lebih aman. Akan tetapi, umumnya keadaan gangguan tubuh yang disertai nanah disebabkan oleh infeksi bakteri, baik pada infeksi bakteri primer maupun sekunder (dipicu oleh kondisi medis sebelumnya), maka penanganan untuk kondisi nanahnya adalah antibiotik. Namun perlu diketahui bahwa jenis antibiotik itu sangat banyak dan perlu disesuaikan dengan kemungkinan jenis bakteri penyebabnya. Penggunaan antibiotik pun tidak dapat sembarangan karena dapat memeberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti resistensi apabila tidak digunakan sesuai indikasi dan tidak doberikan dengan dosis yang tepat. Oleh karena itu, pada kondisi medis tertentu, pemberiannya perlu dilakukan oleh ahli, yang dalam kondisi Anda adalah dokter Spesialis Bedah.Selain itu, apabila pemberian obat sudah tidak lagi efektif, pada keadaan benjolan yang berisi nanah yang tidak lagi bersifat ringan atau disebabkan oleh faktor yang lebih serius umumnya memerlukan tindakan tertentu seperti pembedahan. Maka, jika keluhan yang Anda alami sudah cukup lama terjadi, ada baiknya untuk segera diperiksakan, agar dapat diketahui dengan pasti diagnosisnya dan dapat segera dilakukan penanganan yang sesuai oleh dokter Bedah.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
benjolinfeksi bakterinyeri anus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil