12 Jan 2021, 23:36Kulit & Kelamin

Benjolan Disertai Cairan Nanah Pada Rambut Kelamin Pria Apa Penyebabnya?

AT
Info Penanya: AT0
Dok saya mau tanya, di area rambut kelamin saya baru² ini ada benjolan/seperti bengkak bentuknya, di saat tertekan mengeluarkan cairan putih mirip dengan isi jerawat, tapi sudah beberapa hari mulai mengecil dari sebelumnya dari yang saya rasakan, apakah ini berbahaya yaa dok
202 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang ATAdanya benjolan di rambut kemaluan yang menyerupai jerawat dan berada di bawah rambut merupakan suatu infeksi pada folikel rambut yang disebut folikulitis. Benjolan dapat disertai cairan nanah berwarna putih atau kekuningan dan rasa gatal. Hal ini bisa mengenai hampir seluruh tubuh selain telapak tangan, telapak kaki dan bibir.

Pemicu Folikulitis Pada Rambut Kemaluan

Terjadinya folikulitis dapat dialami baik pria maupun wanita dan dapat dipicu oleh beberapa sebab. Penyebab munculnya folikulitis antara lain:
Adanya pemicu-pemicu di atas yang kemudian terinfeksi oleh kuman-kuman yang ada yang seringnya bakteri dan jamur. Folikulitis ini tidak menyebabkan kondisi yang serius tetapi dapat menyebabkan kerontokan, rasa gatal dan perih yang sangat mengganggu dan menimbulkan bekas pada luka. Bekas luka ini bisa kehitaman atau tumbuhnya daging yang disebut keloid.

Penanganan Folikulitis Pada Rambut Kemaluan

Folikultis ini dapat membaik setelah cairan dikeluarkan. Ada beberapa penanganan yang bisa dilakukan untuk mengatasi folikulitis ini. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah:
  • Kompres hangat dan bersihkan dengan air hangat dan sabun bayi
  • Hindari mencukur atau mencabut rambut kemaluan
  • Gunakan krim antibiotik pada benjolan
  • Hindari gesekan pada benjolan
  • Sering mengganti celana dalam
  • Makan bergizi seimbang dan perbanyak buah dan sayur
  • Minum air putih cukup
  • Olahraga rutin 3-4x seminggu
Bila keluhan memberat atau bertambah banyak kemungkinan ada penyebab lainnya seperti infeksi kutu kelamin yang gatal terutama malam hari dan adanya bintik berair pada bagian tubuh lainnya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin melalui chat atau langsung memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin di linik atau rumah sakit terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL 
gatalfolikulitisrambut kemaluan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil