Benjolan yang nyeri di pusar

MA Info Penanya: MA
Dok saya ada benjolan di pusar trus rasa sakit banget gak bisa ketawa gak bisa batuk dan rasa sakit nya ada d pusar sama sebelah kanan Ini dupaya sembuh gimana ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Nyeri adalah rasa tidak nyamam atau sakit yang bisa timbul pada area tubuh. Bisa disebabkan oleh adanya riwayat trauma / benturan, bisa karena adanya proses infeksi, atau karena adanya kondisi medis tertentu. Adanya masalah pada otot dan tulang di sekitar perut juga dapat menyebabkan rasa nyeri pada area perut. Selain itu terdapat eberapa kondisi medis lain yang dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah.

Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan nyeri perut bawah diantaranya adalah:

  • Adanya masalah pada saluran kemih (bisa berupa batu saluran kemih, infeksi saluran kemih, atau karena kondisi medis yang lain)
  • Adanya radang pada usus buntu atau dalam istilah medis sering disebut dengan appendicitis
  • Adanya masalah pada organ reproduksi (terutama pada wanita)
  • Adanya masalah pada saluran pencernaan
  • Adanya hernia

Terkait dengan bejolan pada pusar bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya hernia umbilikalis, adanya abses, adanya infeksi, atau karena penyakit yang lainnya. Untuk memastikan penyebab pastinya, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat. Bila dirasa perlu, dokter spesialis penyakit dalam mungkin akan merujuk kepada dokter spesialis bedah.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi, mencukupi kebutuhan cairan harian Anda, melakukan istirahat dengan cukup.

Bila keluhan dirasa semakin memberat, disertai demam tinggi segeralah ke IGD terdekat.

Semoga bermanfaat.



Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala diverkulitis pada pencernaan

Mengenal Gejala Diverkulitis yang Perlu Diatasi Sedini Mungkin

Gejala divertikulitis yang paling umum dan mudah dikenali adalah rasa nyeri akut di area perut. Hal ini bisa disertai dengan mual, muntah, hingga konstipasi.