Benjolan di punggung, apa penyebabnya?

NW Info Penanya: NW, Wanita, 19 Tahun
Selamat siang dok. Ibu saya belakangan ini memiliki benjolan di punggung. Benjolannya sebagian warna kulit sebagian lg berwarna merah. Di bagian warna merah itu terdapat banyak mata yg kalau benjolannya ditekan akan mengeluarkan nanah dan darah. Kata ibu saya jika ditekan benjolannya sakit. Benjolannya keras dan tidak bergerak kalau ditekan. Ibu saya sakit apa ya dok? Apakah penyakit ini membahayakan nyawa ibu saya? Apa saya bisa merawat ibu di rumah saja atau saya harus ke rumah sakit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NWM.

Benjolan yang tidak seharusnya ada seringkali menimbulkan kecemasan bagi mereka yang mengalaminya. Benjolan seperti itu dapat timbul di area tubuh mana saja, seperti kepala, leher, punggung, maupun bokong. Masing-masing benjolan memiliki karakteristik masing-masing, dari segi ukuran, konsistensi, tekstur, serta menyebabkan nyeri ataupun tidak.

Benjolan di Punggung

Terkait benjolan yang dialami oleh ibu Anda, benjolan di punggung bisa disebabkan oleh bermacam-macam penyakit, yang masing-masingnya memiliki ciri khas berbeda. Berikut penjelasannya:

  • Lipoma, yaitu benjolan yang disebabkan oleh lemak. Ukuran benjolan bervariasi dan terasa lembut jika disentuh. Benjolan biasanya tidak terasa nyeri.
  • Abses, yaitu benjolan berisi nanah yang biasanya disebabkan karena infeksi jaringan. Abses biasanya memiliki mata dan terasa nyeri. 
  • Kista epidermoid, yaitu benjolan yang terjadi karena penumpukan keratin (protein pada sel kulit). Benjolan biasanya berwarna gelap atau kemerahan, dan bisa mengeluarkan nanah.
  • Tumor tulang belakang, yang biasanya terasa sangat nyeri. Terkadang gejala juga disertai dengan tidak bisa mengontrol buang air kecil dan besar karena ada penekanan saraf oleh benjolan.

Jadi, benjolan tersebut bisa membahayakan maupun tidak, tergantung apa penyebab pastinya. Oleh karena itu, disarankan agar Anda membawa ibu Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis bedah onkologi. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan direncanakan tindakan selanjutnya, seperti FNAB, biopsi insisi, maupun biopsi eksisi. 

Kemudian, hindari memencet-mencet ataupun menekan benjolan, karena bisa memicu infeksi yang semakin parah. Lalu, jaga benjolan agar tidak tergesek-gesek, terutama saat tidur dan berbaring. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NW
13 Jul 2020, 16:46
Terima kasih Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
14 Jul 2020, 23:50
Selamat malam, NW.
Dengan senang hati jika dapat membantu. Semoga bermanfaat dan apabila masih ada informasi yang diperlukan Anda dapat bertanya kembali melalui forum maupun melalui fitur tanya dokter langsung pada aplikasi SehatQ.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan sepelekan tulang belakang yang sakit karena bisa jadi gejala sklerosis ganda

Tulang Belakang Sakit, Salah Satu Gejala Multiple Sclerosis

Tulang belakang sakit adalah keluhan yang dianggap muncul karena kelelahan. Namun, tulang belakang sakit bisa jadi indikasi dari multiple sclerosis yang merupakan penyakit autoimun yang sulit untuk ditangani.