Apa saja penyebab benjolan di punggung?

K Info Penanya: K, Pria, 24 Tahun
Dok, ada benjolan sebesar buah kresem di punggung bawah leher apabila di pencet tidak sakit atau nyeri dan sejenis nya. Awal nya saya ngira jerawat batu soalnya punggung saya kadang ada jerawat nya. Apakah ini tumor. Dan apakah membahayakan. Bagaimna solusinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Benjolan di punggung merupakan suatu gejala yang muncul secara tiba-tiba dan sering dialami oleh beberapa orang. Kondisi ini bisa merupakan kondisi yang ringan, tetapi bisa juga merupakan kondisi yang serius.

Ada beberapa penyebab munculnya benjolan pada punggung, yaitu:

  • Lipoma: benjolan yang berisi lemak dan berada dibawah lapisan kulit.
  • Kista: kantung di bawah permukaan kulit dan berisi cairan (nanah).
  • Cherry angioma: benjolan yang berwarna kemerahan.
  • Keratosis pilaris: benjolan yang berbentuk kecil, kasar dan berwarna putih atau merah. 
  • Neurofibroma.

Gejala yang Anda alami ini bisa jadi mengarah ke salah satu kondisi medis diatas. Untuk memastikan apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter bedah sehingga Anda mendapatkan terapi yang tepat. Rata-rata dokter bedah akan memberikan terapi berupa operasi atau laser untuk menghilangkan benjolan.

Untuk saat ini, yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi benjolan ini yaitu mengompres dengan kompres hangat, tidak memencet benjolan, mengkonsumsi obat pereda nyeri (paracetamol atau ibuprofen) jika terasa nyeri, dan menjaga kebersihan punggung. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara Mengobati Kista Bartholin Bisa DIlakukan Secara Alami dan Medis.

Tidak Ingin Operasi? Ini Cara Alami Mengobati Kista Bartholin

Kista Bartholin adalah kista yang tumbuh di kelenjar Bartholin yang terletak di antara vagina dan vulva. Kista Bartholin terinfeksi bisa diobati secara medis dengan mengkonsumsi antibiotik dan prosedur medis seperti kateter,marsupialisasi dan mengangkat kelenjar Bartholin. Sedangkan Kista Bartholin yang tidak terinfeksi bisa diobati dengan cara merendam di air hangat, menggunakan bahan-bahan alami, seperti tea tree oil, cuka apel, lidah buaya hingga madu.