Benjolan di punggung akibat lipoma

RP Info Penanya: RP, Wanita, 22 Tahun
Dok, saya mempunyai benjolan di punggung tengah di dekat tulang belakang, saya periksa ke puskesmas katanya itu lipo, tapi saya tdk ditawai untuk rujuk ke RS untuk diangkat malah dikasih obat antasida doen dan calcium lactate (suplemen makan) 500mg. Saya ragu meminum obat tsbt, apa hubungannya obat maag dan suplemen makan dengan lipo? apa salah obat y?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RPS

Obat yang diberikan kepada Anda memang obat maag, apakah Anda juga datang dengan keluhan maag? Karena faktor urgensinya memang dari radang lambungnya.

Benjolan akibat lipoma bila tidak terasa menganggu memang tidak perlu dilakukan tindakan. Karena sifatnya jinak dan tidak berbahaya, dan jarang berkembang menjadi sesuatu yang ganas. Jika sampai nyeri atau menganggu penampilan, terdapat beberapa pilihan penanganan yang bisa dilakukan.

Bila ingin diangkat dapat melalui prosedur bedah minor dengan bius lokal atau pada lipoma berukuran besar dilakukan di ruang operasi. Kadang lipoma bisa tumbuh kembali pada lokasi yang sama atau bagian tubuh yang berbeda. Karena pertumbuhannya dipengaruhi genetik atau faktor keturunan. Sayangnya lipoma tidak dapat mengecil dengan sendirinya menggunakan kompres hangat dan dingin. Karena terbentuk dari lemak (lipid). Lebih jelasnya bisa dibaca mengenai lipoma.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab benjolan di ketiak yaitu infeksi bakteri atau virus, limfoma, hingga pertumbuhan sel kanker

11 Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak yang Mungkin Pernah Anda Alami

Ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan, namun memiliki banyak masalah kesehatan. Salah satunya adalah benjolan. Penyebab benjolan di ketiak yaitu infeksi bakteri atau virus, limfoma, hingga pertumbuhan sel kanker.