Benjolan di punggung

ET Info Penanya: ET, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya, kalo terdapat benjolan di punggung itu kira" kenapa ya? Soalnya stiap saya mau bawa ayah saya kerumah sakit untuk periksa beliau tidak mau
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, ET

Adanya suatu benjolan baik di punggung atau di lokasi lain pada tubuh dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi bakteri, reaksi imunitas atau suatu tumor. 

Suatu benjolan dapat berupa tumor yang timbul sebagai perubahan sel baru berbentuk massa padat atau lunak. Pertumbuhan tumor dapat semakin membesar serta mungkin bersifat ganas atau jinak yang ditentukan dari hasil pemeriksaan histopatologi.

Namun pada beberapa kondisi suatu benjolan dapat disertai nyeri, demam dan kemerahan hal itu dapat menjadi tanda adanya infeksi yang disebut sebagai abses.

Saya sarankan anda untuk tidak terlalu menyentuh atau memanipulasi benjolan tersebut agar tidak semakin membesar, segera konsultasikan benjolan tersebut dengan dokter spesialis bedah (Sp.B).

Salam Sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Trauma dari luar dan penyakit di dalam tubuh dapat menjadi penyebab seseorang mengalami koma

Penyebab Koma, Kondisi Antara Hidup dan Mati

Koma adalah kondisi seseorang yang tidak dibangunkan dengan rangsangan apa pun. Beberapa penyebab koma, antara lain cedera dan penyakit.