23 Mar 2020, 20:51Kulit & Kelamin

Benjolan di kulit pipi, harus diapakan ya?

DA
Info Penanya: DA, Wanita, 21 Tahun
pipi saya ada kaya benjolan dok, saya pikir jerawat jd tak biarin, tp kok gk ilang², trus tadi saya coba pencet tp kok sakit dan rasanya itu benjolannya ada di dalam kulit, bukan seperti jerawat pada umumnya. trus tadi saya kompres pakai air hangat, siapa tau bisa kempes. itu gimna ya dok
59680 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, DAM.Benjolan pada kulit pipi disebabkan oleh beberapa penyebab. Biasanya, benjolan pada daerah wajah akan mengganggu penampilan, terutama pada wanita. Hal inilah yang menyebabkan orang tersebut merasa tidak nyaman.

Penyebab benjolan pada kulit pipi di antaranya:

  • Keratosis pilaris, yaitu penumpukan sel keratin dan menutupi akar rambut. Biasanya keratosis pilaris tidak berbahaya, dan akan menghilang pada usia 30 tahun.
  • Bisul, yaitu benjolan yang berisi cairan, bisa merupakan darah atau nanah. Bisul terjadi karena infeksi bakteri di bawah kulit.
  • Kutil, disebabkan oleh virus HPV yang masuk ke salah satu lapisan kulit
  • Jerawat batu, yang penyebabnya bervariasi, mulai dari hormon sampai genetik
Terkait pertanyaan Anda untuk menangani kondisi Anda, perlu dicari tahu dulu apa penyebab dari benjolan tersebut. Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan menanyakan beberapa hal terkait benjolan Anda, dan melakukan pemeriksaan fisik jika diperlukan. Selanjutnya, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai.Untuk sementara, hindari memencet-mencet benjolan karena dapat memicu infeksi lanjutan. Jika ingin menyentuh, sentuhlah secara lembut dan cuci tangan terlebih dahulu. Jika membuat nyaman, mengompres dengan air hangat diperbolehkan, namun pastikan suhu air tidak terlalu panas, ya.Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia V
jerawatmasalah kulitruam kulitperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil