Bagaimana ciri kanker payudara?

D Info Penanya: D
Halo dok,Saya wanita usia 36thn. Saat ini masih menyusui. Sudah hampir 1 minggu di PD kanan saya terdapat benjolan, letaknya dibagian bawah PD dekat puting. PD kanan saya ini sudah 7 thn tidak digunakan utk menyusui dikarenakan putingnya masuk kedalam (bentuk puting belah dua). Tetapi jika ditekan masih mengeluarkan asi. Saat ini jika diraba benjolan tsb besarnya sebesar kelereng. benjolan ini sakit jika disentuh & nyeri, serta terasa hangat & sedikit memerah. Apakah ini trmsk kanker PD dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore D,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Benjolan payudara adalah jaringan lain yang tumbuh di dalam payudara. Tekstur benjolan tersebut tergantung pada jenisnya. Sebagian besar benjolan payudara bersifat jinak (non-kanker), akan tetapi benjolan juga bisa merupakan suatu tanda kanker payudara. 

Ciri-ciri benjolan karena kanker payudara :

  • Ukuran payudara besar sebelah, karena ada benjolan yang tidak normal
  • Puting terasa nyeri dan mengeluarkan cairan bewarna putih, atau kecoklatan
  • Kelainan pada kulit payudara yang berbentuk seperti kulit jeruk
  • Bengkak atau di temukan benjolan di area ketiak yang disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening pada area tersebut.

Untuk mengenali ciri-ciri diatas cobalah untuk rajin melakukan SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri setiap bulan dan menjaga pola makan dan menjalani hidup sehat. Rajin melakukan SADARI juga dapat membantu Anda mengenali tekstur jaringan payudara sendiri, sehingga Anda mampu merasakan kejanggalan pada payudara dan dapat diperiksakan sedini mungkin. Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas dan berpotensi terkena kanker payudara sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis bedah.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan biarkan milk blister membuat pasokan ASI untuk Si Kecil terhambat!

Milk Blister Ganggu Proses Menyusui? Kenali 11 Cara Mencegahnya Ini

Milk blister sering dirasakan oleh para ibu yang sedang menyusui. Keberadaan milk blister membuat proses menyusui menjadi sakit, apalagi kalau Si Kecil suka menarik atau menggigit puting. Maka dari itu, kenali berbagai cara mencegah milk blister ini.