Benjolan di payudara kanan

DR Info Penanya: DR, Pria, 2019 Tahun
Dok.. Istri saya awalnya ada benjolan di dlm payudara kanannya.. Sudah Erika ke dokter spesialis bedah, dilakukan pengecekan dgn cara memasukkan jarum suntik ke benjolan dan disedot sedikit.. Setelah disedot, katanya itu cairan susu yg tersumbat.. Lalu dibagian area putingnya merah sdkit keras, jdnya putingnya jd tambah kedalam (normalnya putingnya emang sdkit susah keluar, makanya bayi sejak 1 tahun terakir tak mau menyusu dibagian itu) kata dokter tsb itu infeksi.. Jd diresepkan aja antibiotik dan anti nyeri.. Tak ada penyedotan atw tindakan utk mengeluarkan susu yg mampet td.. Skrg sudah 3 hari minum antibiotik nya, benjolan mengecil tapi jd lebih keras dibanding sblmnya, dan sudah tidak nyeri.. Tapi dibagian puting masih keras dan nyeri.. Obat antibiotik msh ada utk 2 hri lg (diresepkan utk sampai 5 hari). Apakah perlu periksa lg kedokter ahli lain? Atw kah ditunggu saja habis resep yg ada ini? Apakah klw infeksi nya sudah hilang, yg mengeras td akan hilang jg? Atw perlu tindakan medis atw cukup perawatan drmh spt kompres atw lainnya?. Trimakasih sblmnya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DR,

Benjolan pada payudara dapat timbul oleh beberapa penyebab terutama saat sedang menyusui. Beberapa penyebab diantaranya adalah:

  • Mastitis atau kelenjar payudara yang mengalami infeksi, dapat ditandai dengan pembengkakan pada salah satu atau kedua payudara, rasa nyeri, tampak kemerahan dan dapat disertai demam
  • Galaktokel atau penyumbatan pada muara saluran susu, dapat terasa lunak, dapat digeser, dan jarang menimbulkan nyeri
  • Fibroadenoma Mammae atau tumor jinak payudara dapat menetap dan jumlahnya lebih dari satu dan ukurannya beragam
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Pengaruh hormonal
  • Kanker payudara

Untuk itu apabila sudah dilakukan pemeriksaan oleh dokter maka perlu untuk mengonsumsi obat sesuai anjuran. Upayakan tidak menyisakan obat dan minum tepat waktu agar pengobatan efektif. Upaya lain yang dapat dilakukan adalah dengan cukup beristirahat, gunakan breast holder atau bra yang ukurannya tepat, hindari menggunakan pakaian yang ketat, dan dapat mengompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin atau hangat untuk mengurangi rasa nyeri.

Upayakan juga menyusui dengan posisi yang tepat, kosongkan payudara di satu sisi sebelum berpindah, dan hindari kebiasaan kurang baik seperti terkena paparan rokok, juga rutin membersihkan payudara sebelum dan sesudah menyusui untuk mencegah kembali terjadinya infeksi. Jika keluhan belum membaik dan obat sudah habis, kembali periksakan diri pada dokter untuk penanganan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

DR
05 Sep 2019, 10:05
Trimakasih responnya dok.. Ini kebetulan lg sakit, jd waktu tepat utk menyapih anak dok.. Anak yg msh menyusui sudah hampir 3 tahun.. Nyusu nya pun g yg nyusu berat.. Spti yg untuk ngempeng mw tidur gt.. Apakah g PP sekalian menyapih anak dok? Atw apa perlu lanjut saja dl menyusulnya utk smntra?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengencangkan payudara bisa dilakukan meski tanpa operasi

Cara Mengencangkan Payudara Tanpa Operasi Plastik

Tidak ada cara mengencangkan payudara yang bisa mengembalikan bentuknya 100 persen seperti semula. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna memperbaiki penampilan payudara agar nampak lebih terangkat dan lebih berisi.