Ada benjolan seperti di payudara istri saya kenapa ya?

GA Info Penanya: GA, Pria, 1 Tahun
Assalammualaikum wr wb. Selamat mlm dok, saya mau tanya dok istri saya ada benjolan di payudaranya nyeri gt kalo tersenggol dan katanya sih itu bisul Buta. Cara penangganan pertamanya apa ya dok dan obatnya apa dok.? Mohon penjelasannya dok terimakasih. Selamat mlm ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore GA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Bisul payudara atau abses payudara merupakan benjolan pada payudara yang berisi nanah. Abses payudara biasanya disebabkan oleh infeksi. Keluhan ini sering dialami oleh ibu menyusui.

Bisul dapat tumbuh pada berbagai area tubuh, termasuk juga di payudara. Bisul merupakan benjolan berisi nanah, yang merupakan cairan yang mengandung sel-sel darah putih yang mati. Kondisi ini umumnya disebabkan infeksi lokal, yaitu saat bakteri menyerang bagian dari payudara tapi tidak menyebar ke daerah lain. 

Penyebab lain abses payudara adalah tindikan di puting susu, sakit diabetes, riwayat infeksi payudara sebelumnya. Gejalanya yang ditimbulkan :

  • Payudara terlihat kemerahan, bengkak, dan terasa nyeri
  • Keluar nanah dari puting
  • Demam selama lebih dari 3 hari dan tidak membaik walaupun sudah diobati

Untuk meringankan keluhannya abses payudara Anda dapat melakukan :

  • Kompres dingin payudara dengan kantong es yang sudah dibalut kain beberapa kali sehari selama 10-15 menit untuk membantu meredakan peradangan dan pembengkakan di payudara
  • Bersihkan puting dan payudara dengan sabun antibakteri yang lembut dan pastikan untuk mengeringkannya sebelum memakai bra atau pakaian
  • Kenakan bantalan bra lembut untuk membantu mengurangi gesekan dan mengeringkan nanah
  • Hindari menekan, memencet, dan memecahkan bisul di payudara, karena bisa memperburuk gejala yang muncul

Jika keluhan Anda tidak membaik atau tambah memburuk sebaiknya konsultasikan ke dokter bedah untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Periksa payudara sendiri harus dilakukan secara rutin

Langkah-langkah Periksa Payudara Sendiri yang Wajib Anda Lakukan

Periksa payudara sendiri (sadari) menjadi hal penting yang dilakukan untuk mendeteksi adanya perubahan abnormal pada payudara. Anda dapat dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.