Benjolan di payudara di sebelah puting, kenapa ya dok?

W Info Penanya: W, Wanita, 2019 Tahun
Tiba tiba muncul benjolan di payudara saya.. Benjolannya keluar/timbul seperti bisul tp tdak ada mata nanah nya pas nya disebelah puting.. Begtu juga batuk dan pilek yang tdak kunjung sembuh... Itu knp ya dokTerima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi W,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Benjolan dekat puting biasanya karena ada infeksi. Infeksi bisa terjadi di saluran kelenjar susu atau kelenjar susunya itu sendiri. Apakah saat ini sedang menyusui? Bila iya ASI harus dikeluarkan agar tidak sampai saluran susunya tersumbat. Infeksi terjadi karena ada lecet atau kulit pecah-pecah di sekitar puting sehingga bakteri bisa masuk dan akhirnya infeksi.

Gejala apa saja yang bisa timbul?

  • payudara bengkak dan nyeri
  • ada satu atau lebih benjolan di payudara
  • payudara hangat atau panas saat disentuh
  • kulit menjadi kemerahan
  • gejala mirip flu, meriang atau lelah
  • Demam > 38.3?

Cara mengatasinya di rumah, minum obat nyeri atau demam yang dijual bebas. Banyak istirahat, kompres es atau hangat untuk mengurangi nyeri. Bila memakai es, taruh di luar bra atau pakaian agar tidak langsung mengenai kulit. Kalau sampai ada nanah anda perlu evaluasi langsung dengan dokter agar mendapat terapi yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh W
26 Aug 2019, 02:54
Saya tidak sedang menyusui dok... Kbetulan asi saya tdak keluar sejak usia anak saya 7bln... Dan skrg anak saya sudaj 1.6 bulan dok.... Sudah tdak keluar sama sekali dok.. Terima kasih

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Radang kelenjar susu atau mastitis seringkali menyebabkan payudara terasa sakit

Ibu Menyusui Wajib Tahu, Inilah Beberapa Pemicu Mastitis yang Harus Dihindari

Radang kelenjar susu atau mastitis umumnya terjadi pada ibu menyusui. Hal ini bisa dipicu oleh beberapa hal, salah satunya kulit puting yang lecet. Ketika mengalami kondisi ini, banyak ibu hamil yang ragu untuk menyusui padahal menyusui dapat membantu proses penyembuhan.