Benjolan di payudara, apakah pertanda kanker?

DD Info Penanya: DD, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, dulu di salah satu payudara saya sebelah dalam pernah ada benjolan seperti bisul dan berdarah, sekarang sudah tidak ada tapi meninggalkan bekas cekungan. Belakangan payudara saya berbau dok, sepertinya bekas cekungan yg dulu mengeluarkan cairan. Apakah itu tanda kanker?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, D

 

Saya jelaskan ya mengenai kanker payudara. Gejala dari kanker payudara adalah

  • Benjolan di payudara : Biasanya tidak terlalu nyeri namun benjolan ini mengeras dan menetap serta dapat membesar
  • Perubahan warna kulit pada payudara: Warnanya akan memerah, teksturnya seperti kulit jeruk dan terjadi penebalan kulit
  • Puting tertarik ke dalam, pada kondisi ini putting dapat mengeluarkan darah, nanah.
  • Benjolan pada ketiak

Saya sarankan anda untuk ke dokter spesialis bedah ya agar diperiksa langsung dan mendapat penanganan yang sesuai. Jangan takut ketika mendengar kata dokter bedah, karena tidak akan langsung dilakukan pembedahan, dokter akan memeriksa dahulu dan tidak selalu semua di bedah karena disesuaikan dengan indikasi.

 

Selain itu akan muncul tanda kanker lainnya seperti lemas, pucat, tidak nafsu makan, berat badan menurun

 

Anda juga perlu mengetahui penyebab lain adanya bengkak di payudara ya, yaitu bisul pada payudara yaitu adanya benjolan kemerahan dan nyeri serta dapat pula mengeluarkan nanah. Untuk itu saya sarankan gunakan bra berbahan lembut, hindari menggunakan bra dalam keadaan basah agar tidak lembab dan menyebabkan infeksi, serta tidak menyentuh bisul karena juga memicu infeksi.

 

Jangan menunda ke dokter ya

Semoga membantu

Salam Sehat

dr. Karlina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan mencukur bulu ketika adalah salah satu penyebab timbulnya bisul ketiak

Bisul di Ketiak Bisa Muncul Karena Kebiasaan Ini

Bisul adalah infeksi folikel rambut atau kelenjar minyak di kulit. Bisul pada ketiak dapat muncul akibat keringat berlebih, kebersihan ketiak yang buruk, hingga kebiasaan mencukur bulu ketiak. Meski begitu, bisul ketiak bukanlah suatu kondisi yang berbahaya.