Benjolan di paru-paru sebelah kanan, kenapa ya dok?

MM Info Penanya: MM, Wanita, 23 Tahun
Dok saya ingin bertanya, di sebelah kanan saya di bagian paru-parunya ada benjolan.. itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MM

Terima kasih atas telah bertanya di Forum SehatQ.

Bagaimana cara anda menemukan benjolan, apakah dengan memeriksa sendiri? Mungkin yang anda maksud benjolan di payudara / dada kanan anda ya? Karena paru-paru hanya bisa dilihat dengan rontgen. Benjolan di payudara anda kemungkinan ada gangguan di saluran kelenjar susu. Bisa terjadi sumbatan sehingga menjadi radang. Kemudian kuman masuk dan mengakibatkan infeksi. Kondisi ini disebut mastitis. Selain ibu menyusui, bisa juga terjadi pada yang tidak menyusui akibat terjadi lecet, kulit pecah atau luka di daerah puting.

Kondisi lain yang sering dialami wanita muda adalah adanya pembesar (tumor) di payudara. Tumor ini bisa bersifat jinak ataupun ganas. Pada usia muda lebih sering yang jinak. Terutama bila ada riwayat dalam keluarga. Keluhan ini juga bisa timbul kembali, bertambah atau pindah ke payudara sebelah kiri.

Untuk penanganannya anda bisa konsultasi dengan Dokter untuk memastikan diagnosis dari keluhan anda. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan mammografi (rontgen payudara) atau USG payudara. Sementara untuk membantu mengurangi nyeri atau bengkaknya anda dapat melakukan kompres dingin / hangat. Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan pada payudara adalah salah satu tanda dari kanker payudara, walaupun tidak selalu kanker

Ini Ciri Benjolan pada Payudara yang Merupakan Tanda Kanker

Benjolan pada payudara adalah salah satu tanda dari kanker payudara. Namun, tidak semuanya adalah tanda kanker. Benjolan pada payudara juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan kista atau adanya infeksi pada payudara.