Benjolan di paha luar yang tidak sakit, apakah tumor ?

A Info Penanya: A, Wanita
Dok mau tanya, kalau ads benjolan kecil teksturnya seperti daging, tidak sakit.. apakah itu termasuk tumor dok?.. terimakasih dok mohon advice nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Benjolan di paha luar merupakan keluhan yang dapat terjadi karena berbagai faktor. Dalam istilah medis, benjolan disebut tumor, dan tumor sendiri dapat bersifat jinak maupun ganas.

Untuk mengidentifikasi benjolan tersebut bersifat jinak atau ganas, terdapat berbagai indikator yang meliputi :

  • lokasi benjolan
  • konsistensi (lunak atau keras)
  • ukuran
  • jumlah (single atau multipel)
  • perlekatan dengan jaringan sekitarnya (dapat digerakan atau tidak)
  • batas terhadap jaringan sekitarnya
  • ada tidaknya gejala yang menyertai

Mengenai keluhan yang Anda alami, dapat disebabkan oleh beberapa faktor penyebab seperti lipoma atau benjolan lemak, kista atau benjolan berisi cairan hingga keganasan. Untuk memastikan jenis benjolan yang dialami, Anda perlu memeriksakan diri lebih lanjut. Umumnya dokter pemeriksa akan mengidentifikasi benjolan terlebih dahulu, kemudian akan menyerankan pemeriksaan penunjang seperti USG atau pemeriksaan lainnya.

Saat ini ada baiknya untuk tidak sering menyentuh benjolan. Jika timbul keluhan nyeri Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek.

Jika benjolan dirasakan membesar disertai keluhan lainnya seperti demam dan penurunan berat badan yang drastis serta keluhan lainnya yang mnegkhawatirkan, periksakanlah diri Anda ke dokter Spesialis Bedah.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di leher belakang dapat disebabkan bisul hingga jerawat.

9 Penyebab Benjolan di Leher Belakang, Haruskah Dikhawatirkan?

Benjolan di leher belakang, apakah perlu dikhawatirkan? Jawabannya tentu bergantung pada penyebab munculnya benjolan di leher belakang yang Anda rasakan.