Benjolan di vagina sebelah kiri

MZ Info Penanya: MZ, Pria, 1 Tahun
Dok saya ada benjolan di sebelah kiri mis v saya dan untuk berjalan atau duduk saya merasa sakit untuk solusi pertama saya sedang melakukan pengompresan di mis v saya apakah benjolan ini membahayakan dok sya minta solusinya dan apakah bisa sembuh dok trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MZ.

Benjolan di vagina adalah keluhan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang berhubungan dengan keadaan reproduksi wanita. Berkisar dari yang ringan hingga yang lebih serius. Ada yang dapat menular, dan ada pula yang tidak.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina diantaranya adalah :

Mengenai keluhan Anda, perlu terlebih dahulu diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pastinya. Namun salah satu penyebab yang tersering adalah kista kelenjar bartholin. Untuk kista bartholin tersebut, pada keadaan yang ringan dapat membaik hingga kempes dengan sendirinya serta umumnya tidak berbahaya. Terkecuali jika penyumbatatan saluran kelenjar bartholin yang membentuk kista tersebut terinfeksi oleh bakteri, dapat menimbulkan kumpulan nanah dan meradang membentuk abses.

Untuk sementara Anda dapat meneruskan pengompresan dengan air hangat dan mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek.

Jika setelah beberapa lama, benjolan tidak membaik dan disertai nanah, segeralah memeriksakan diri ke dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tipe prosedur sunat perempuan membuat klitoris robek atau klitoris terpotong

Tak Dianjurkan oleh Medis, Benarkah Klitoris Disunat Saat Prosedur Sunat Perempuan?

Sunat perempuan terus menjadi perdebatan. WHO mengelompokkan prosedur tersebut menjadi empat tipe, yang keseluruhannya membuat klitoris robek atau klitoris terpotong.