Benjolan di kemaluan, apa penyebabnya?

AR Info Penanya: AR, Pria, 20 Tahun
Hai dok... Saya mau tanya. Ada adik teman saya yang terdapat benjolan kecil di bagian kepala mr. P nya. Benjolan tersebut sudah bertahun tahun dok dan tidak terasa sakit. Terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AR,

Benjolan di penis adalah gejala yang bisa timbul baik dari hal yang tidak perlu dikhawatirkan sampai bisa disebabkan oleh sesuatu yang perlu ditangani dengan serius. Beberapa penyebabnya diantaranya adalah:

  • Pearly papule penile, seringnya ada di sekitar kepala penis seperti berbintik-bintik kecil. Tidak memerlukan penanganan khusus dan tidak berbahaya.Beberapa bisa hilang dengan sendirinya
  • Reaksi alergi seperti akibat detergen atau sabun
  • Infeksi kulit akibat parasit seperti infeksi kutu rambut kemaluan dan skabies atau kudis
  • Infeksi kulit akibat virus seperti molluscum contagiosum, herpes, atau kutil
  • Infeksi kulit akibat bakteri seperti jerawat, sifilis 
  • Infeksi kulit akibat jamur
  • Peradangan kulit lainnya

Jika adik temannya masih usia anak, berarti kemungkinan infeksi menular seksual bisa dihilangkan. Untuk pastinya ada baiknya menyarankan agar adik teman Anda tersebut memeriksakan diri pada dokter atau dokter kulit.

Sarankan untuk memperhatikan ada tidak keluhan lain yang timbul seperti rasa gatal, jika ada perhatikan ada tidak orang lain di rumah yang mengalami gejala serupa.

Upayakan untuk menjaga kebersihan dengan rutin mandi, mengganti pakaian dan pakaian dalam dengan teratur terutama setelah berkeringat atau beraktivitas. Hindari menggaruk agar tidak memicu iritasi ataupun infeksi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AR
23 Apr 2020, 23:50
Terima kasih dok... Katanya tidak berasa apa - apa... Seperti kulit di sekitarnya katanya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
24 Apr 2020, 07:25
Hi, AR.
Jika tidak terasa apa-apa, maka Anda tidak perlu khawatir. Tetapi, jika memang sangat mengganggu sekali, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kulit kelamin agar diperiksa lebih lanjut.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak kebiasaan yang memicu wajah cepat tua, seperti sering menggosok mata dan tidak menggunakan tabir surya yang tepat

Tanpa Aplikasi, Kebiasaan Ini Bisa Buat Wajah Menjadi Cepat Tua

Saat ini jagat dunia maya dihebohan dengan sebuah aplikasi, yang dapat membuat foto Anda menjadi tampak lebih berkeriput. Tanpa aplikasi tersebut pun, sebenarnya kulit wajah Anda akan terlihat cepat tua, akibat beberapa kebiasaan kecil dan kondisi berikut ini.