Ada benjolan di MIss V saya, apa penyebabnya?

KS Info Penanya: KS, Wanita, 15 Tahun
Selamat malam dok saya kezia umur 15 tahun tadi malam mis v saya terasa gatal dan saya cek tadi pagi ternyata terdapat benjolan di bibir mis v bagian kanan dok bagaimana Cara mengatasi nya, dan mengapa bisa terjadi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi KS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Memiliki benjolan di vagina pasti akan membuat kaum wanita panik dan cemas. Benjolan yang muncul biasanya berisi cairan, udara, atau zat lainnya. Ukuran benjolan juga bisa beragam, ada yang berukuran kecil atau berukuran besar.

Beberapa penyakit penyebab benjolan di vagina :

  • Kista Bartholini
    Kista berisi cairan yang terbentuk pada kelenjat bartholini. Kelenjar ini berada di kedua sisi vagina dan bertugas untuk melumasi bibir vagina (labia). Benjolan terjadi karena tersumbatnya saluran dalam kelenjar sehingga cairan tidak dapat keluar.
  • Ulkus mole
    Infeksi genital yang disebabkan bakteri Haemophilus ducreyi. Bakteri menghasilkan luka terbuka alias koreng yang muncul pada atau dekat organ reproduksi eksternal.
  • Molluscum contangiosum
    Pertumbuhan kutil atau kulit ekstra mirip tahi lalat yang timbul abnormal bisa diakibatkan oleh molluscum contangiosum, virus yang ditularkan melalui kontak kulit atau kontaminasi dari pertukaran barang pribadi, seperti handuk, dll.

Untuk mengatasi keluhan yang Anda alami dan mencegah benjolan kembali, Anda bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini :

  • Berendam dengan air hangat
  • Gunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan menyerap keringat
  • Selalu menjaga kebersihan organ intim Anda
  • Jangan berganti handuk / pakaian dengan orang lain

Bila dengan beberapa cara diatas keluhan Anda tidak membaik, sebaiknya periksakan diri ke dokter kulit dan kelamin untuk mencari tau penyebab pastinya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Prosedur operasi vagina labiaplasty dilakukan dengan membuat labia lebih pendek atau mengubah bentuknya

Untung Rugi Operasi Vagina, Kapan Perlu Dilakukan?

Prosedur operasi vagina bisa dilakukan dengan anestesi lokal atau total. Setelah itu, hindari aktivitas fisik dan seksual.