Benjolan di luar kulit bernanah, nyeri dan semakin membesar

OP Info Penanya: OP, Pria, 22 Tahun
dok saya ingin bertanya di atas perut di bawah dada saya ada benjolan di luar kulit dia ada nanah nya dulu kecil dan sekarang agak besar dan terasa sakit kira2 dia penyakit apa dok terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, OP

Adanya benjolan dapat merupakan tanda peradangan ataupun tumor baik jinak maupun ganas. Jika terdapat benjolan yang semakin membesar disertai nanah dan nyeri biasanya disebut abses. Kondisi tersebut akibat respon tubuh memicu akumulasi nanah yang melokalisir dan mencegah penyebaran infeksi bakteri sehingga membentuk benjolan. Jika terdapat tumor yang terinfeksi juga bisa terdapat benjolan dan memiliki gejala yang sama dengan abses.

Untuk tatalaksananya jika benjolan sudah mengeluarkan nanah jangan di pencet atau di manipulasi. Kompress dengan kassa bersih dan campuran cairan Nacl 0,9%. Untuk benjolan yang belum pecah perlu dievaluasi untuk pertimbangan dilakukan pembedahan pengeluaran nanah atau eksisi biopsi jika tumor. Pada benjolan akibat abses juga perlu ditambahkan antibiotik berdasarkan indikasi dari dokter. 

Saya sarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter Spesialis Bedah (Sp.B) untuk mengevaluasi benjolan tersebut

Salam Sehat 

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kanker otak sering tidak disadari kemunculannya dan membuat kanker semakin parah

Viral, Kenali Penyebab Kanker Otak yang Menyerang Artis Tanah Air!

Kanker otak adalah tumbuhnya sel-sel tidak normal secara berlebih di otak yang membentuk tumor. Penyebab kanker otak yaitu usia, faktor genetik, paparan radiasi hingga kimia.