Benjolan di lidah belakang dekat tenggorokan

RI Info Penanya: RI, Pria, 18 Tahun
Dok saya ingin tanya tentang bagian lidah saya dimana bagian belakang lidah saya seperti ada gelembung gitu,tapi saat kedokter hanya diberi vitamin dan di diagnosa sariawan lidah tapi hingga lewat 6 bulan gelembung atau benjol seperti sariawan gk hilangTolong dibantu dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RI,

Benjolan di belakang lidah adalah merupakan gejala yang dapat timbul karena beragam hal seperti misalnya karena reaksi alergi, sariawan, pembengkakan dari papil-papil lidah atau dikenal dengna papila sirkumvalata, adanya infeksi seperti infeksi jamur atau virus, kebiasaan merokok, bercak pada rongga mulut atau disebut dengan leukoplakia, ataupun keluhan lain seperti tumor lidah.

Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa cara seperti:
  • Rutin membersihkan rongga gigi dan mulut dengan rajin menyikat gigi dan mengakhiri dengan benang gigi atau menggunakan obat kumur
  • Hindari makanan atau minuman yang bisa mengiritasi lidah dan rongga mulut
  • Hindari kebiasaan merokok
  • Jaga kebersihan lidah

Jika keluhan menetap dalam 6 bulan maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter gigi ataupun dokter spesialis THT agar dilakukan pemeriksaan seperti misalnya pengambilan sampel jaringan untuk menentukan penyebab dari gelembung yang timbul dan dilakukan penangnaan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jamur mulut biasanya berwarna kemerahan dengan bagian tengah putih, mirip sariawan

Jamur Mulut dan Sariawan, Bagaimana Membedakannya?

Sariawan dan jamur mulut seringkali sulit dibedakan. Jamur di mulut bisa terjadi karena pola membersihkan area mulut yang salah.