Benjolan di leher, sudah berobat blm hilang, apa penyebabnya?

ER Info Penanya: ER
Hallo dok, Saya mau bertanya, dileher saya ada benjolan, sudah periksa ke dokter, dibilang kelenjar, saya sudah minum obat yang dikasih selama sebulan tapi benjolannya tidak hilang dok. Trims kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam ER.

Terimakasih atas pertanyaannya, saya akan menjawab pertanyaan Anda.

Benjolan di leher akibat pembesaran kelenjar yang Anda alami dikenal dengan istilah limfadenopati.

Limfadenopati merupakan suatu pembesaran kelenjar getah bening, disebabkan oleh salah satunya respon terhadap infeksi, dikarenakan fungsi kelenjar getah bening adalah salah satu organ kekebalan tubuh kita. Selain di leher, pembesaran kelenjar ini dapat muncul pada di bawah dagu, belakang telinga, ketiak, di atas tulang selangka dan lipat paha.

Apabila disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, kelenjar dapat kembali ke ukuran normal saat infeksi telah tuntas, salah satunya dengan pengobatan.

Awasi apabila benjolan dirasa semakin membesar, nyeri dan kemerahan, disertai keringat malam dan demam, jumlahnya semakin bertambah. Bila gejala tadi Anda rasakan, segera konsultasikan ke dokter spesialis untuk evaluasi keluhan dan mencari penyebabnya, salah satunya dengan biopsi.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Syarifah Chaula Amrina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh Y
11 Oct 2019, 23:30
Dulu saya juga pernah mengalami benjolan di ketiak, pertamanya keseleo karena mau garuk punggung, nah pas keseleo itu muncul benjolan di dalam ketiak, tapi seiring dengan meredanya rasa sakit keseleo benjolan nya juga mulai menghilang
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan sepelekan bila Anda digigit kucing karena bisa menyebabkan infeksi

Anda Digigit Kucing? Ini Pertolongan Pertama yang Tepat

Seperti halnya anjing, kucing juga dapat menggigit Anda yang merupakan tuannya. Jika Anda sudah digigit kucing, jangan membiarkan luka gigitannya. Perlu penanganan yang saksama agar luka tidak berujung pada infeksi.