22 Nov 2020, 19:44Penyakit Lainnya

Benjolan pada leher apakah harus dibedah ?

SL
Info Penanya: SL0
Halo dok mau tanya suami sya ad.benjolan di leher.keras trs di pegang jg lmyn sakit.ap itu bahaya dok.ap hrs di bedah.kmrn brobat di dok umum.kta a.hrs di oprasi kecil. Mohon saran y.
338 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang SL,Terima kasih atas pertanyaannya.Penyebab benjolan pada leher bermacam-macam dan penanganannya tergantung dari sumber penyebabnya. Benjolan pada leher bisa berasal dari kulit, otot, atau kelenjar getah bening dan tiroid yang ada pada leher. Benjolan leher yang membutuhkan pembedahan kecil (minor) biasanya berasal dari yang paling luar yaitu kulit. Prosedur pembedahan minor hanya memerlukan bius lokal pada daerah benjolan saja. Dengan tindakan yang benar dan dialkukan oleh ahlinya, maka efek samping dari pembedahan akan minimal.

Berikut beberapa penyebab benjolan pada kulit leher :

  • Kista aterom 
    merupakan kantong berisi nanah dibawah kulit seperti jerawat, teraba keras, sakit bila ditekan, dan terdapat puncak putih atau kehitaman ditengah benjolan. Penanganannya dengan bedah minor oleh dokter umum atau dokter spesialis bedah.
  • Lipoma
    tumor jinak berupa gumpalan lemak di bawah kulit dan tidak berbahaya. permukaan kulit mulus, dan kenyal bila ditekan. Penanganannya dengan bedah minor oleh dokter umum atau dokter spesialis bedah.
  • Bisul
    akibat adanya luka yang terinfeksi. Tindakan hanya dilakukan irisan kecil untuk mengeluarkan nanah. Bila pecah sendiri tidak perlu dibedah.
Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
kelenjar tiroidbisulbenjolan lipomalimfadenopati
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil