17 Apr 2021, 12:32Infeksi

Benjolan di leher, apa saja penyebabnya?

CG
Info Penanya: CG0
Benjolan di leher kanan terasa mengganjal dan tenggorokan terasa perih,kering ketika dilihat tenggorokan berwarna merah itu kenapa ya dok? Sebelumnya juga muncul benjolan di ketiak kanan namun setelah haid hilang yang diketiak, kini muncul benjolan di leher saya
95 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, CTerima kasih atas pertanyaan AndaBenjolan di leher bisa terjadi karena beberapa penyebab. Kondisi ini bisa disertai dengan gejala penyerta seperti demam, kemerahan, nyeri melenal, gusi membangkak, sakit gigi, ataupun tanpa disertai dengan keluhan penyerta lainnya.

Beberapa kemungkinan penyebab benjolan di leher diantaranya yaitu:

Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, adanya benjolan di leher kanan disertai dengan sakit tenggorokandan memerah salah satuny bisa dikarenakan adanya infeksi dan pembesaran kelenjar getah bening di area leher karena adanya radang tenggorokan. Selain radang tenggorokan keluhan rasa tidak nyaman pada tenggorkan juga bsia terjadi karena radang amandel (tonsilitis). Oleh karena itu, lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan ke dokter spesialis THT terdkat di lokasi Anda untuk mendapatkan tatalaksana yang sesuai.Usahakan saat ini Anda tetap konsumsi makanan bergizi, konsumsi makanan bertekstur lunak untuk sementara waktu, hindair makanan berlemak/berminyak serta makanan pedas /asam untuk sementara waktu, minum air cukup, dan konsumsi buah dan sayur agar tubuh tetap sehat dan bugar. Bila perlu, Anda bisa konsumsi obat pereda nyeri untuk membantu mengurangi rasa nyeri.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kelenjar getah beningradang tenggorokanamandelradang amandelpembesaran kelenjar getah bening
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil