11 Dec 2020, 04:07Penyakit Lainnya

Apakah benjolan di leher berbahaya?

CN
Info Penanya: CN0
Hallo dok apakah benjolan d leher sebelah kanan bawah berbahaya? Apa sih akibatnya karena sakit banget smpe kepala juga sakit,?
435 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, CNTerima kasih atas pertanyaannya.Benjolan di leher umumnya jinak dan tidak berbahaya namun jika dibiarkan tanpa diketahui penyebab pastinya akan berisiko menganggu kesehatan.

Penyebab benjolan di leher :

  • Pembesaran kelenjar getah bening
    Ketika infeksi tubuh akan berespon dengan melawan penyebab infeksi. Hal ini akan terjadi pembesaran kelenjar getah bening sehingga timbul seperi benjolan.  Ketika infeksi teratasi, benjolan akan mengecil dengan sendirinya.
  • TB Kelenjar
    TB umumnya menyerang paru namun dapat juga menyerang bagian lain salah satunya kelenjar getah bening sehingga akan timbul benjolan pada kelenjar. Hal ini akan diikuti dengan demam, keringat di malam hari, penurunan berat badan drastis.
  • Gondok
    Adanya pembesaran tiroid karena gangguan kadar hormon tiroid dalam darah. Selain itu akan muncul keluhan seperti demam, nyeri saat menelan, batuk.
  • Tumor
    Tumor dapat tumbuh dimana saja. Benjolan akibat tumor dapat bersifat ganas ataupun jinak.
Jika benjolan menyebabkan nyeri dan menganggu aktivitas anda, sebaiknya diperiksakan ke dokter guna dilakukan pemeriksaan langsung pada benjolan.  Dengan diketahui penyebabnya akan dapat ditangani dengan tepat.  Jika dibiarkan saja, akan berisiko terjadi infeksi lebih parah atau benjolan semakin membesar. Adapun untuk sementara ini, hindari memegang benjolan terlalu sering, perbanyak minum air putih, konsumsi makanan bergizi dan nutrisi tinggi guna meningkatkan daya tahan tubuh, istirahat cukup, kurangi makanan dan minuman tidak sehat, kompres hangat pada bagian yang sakit.  Konsumsi parasetamol jika sangat nyeri atau pusing.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
tumortbcgondonganpembesaran kelenjar getah beningsakit leher
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil