Kelenjar getah bening leher meradang, apakah berbahaya?

DS Info Penanya: DS, Wanita, 24 Tahun
Dok..anak saya umur 3 tahun ,anaknya agak gendut hiperaktiv dan selalu berkeringat di siang ataupun malam hariDia mempunyai banyak benjolan termasuk di belakang telinga di kepala dan di leher...tetapi semuanya sudah hilang..kecuali yang di bagian leher,yg dibagian leher itu sekarang malah membengkak yg dulunya kecil sekarang sebesar kacang merah dan agak keras.. gimana menurut dokter itu berbahaya apa tidak untuk kesehatan anak saya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DS.

Benjolan adalah tonjolan di bagian tubuh tertentu yang seharusnya tidak ada. Benjolan biasanya disebabkan oleh pembengkakan organ tubuh yang meradang. Jenis benjolan bervariasi, bisa berukuran kecil hingga besar, terasa nyeri ataupun tidak, dan berbonjol-bonjol atau licin.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, benjolan yang terjadi di belakang telinga, kepala, dan leher secara sekaligus pada anak Anda paling sering disebabkan oleh limfadenitis atau peradangan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening berfungsi menjaga kekebalan tubuh dan akan meradang jika ada benda asing di sekitarnya, misalnya bakteri, virus, atau alergen.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari tahu sumber infeksi yang menyebabkan kelenjar getah bening leher anak meradang. Bisa saja dipicu oleh radang tenggorokan, radang amandel, atau gigi berlubang. Apabila tidak ada sumber infeksi di dekatnya, sebaiknya bawalah anak Anda ke dokter spesialis anak, karena dikhawatirkan terjadi penyebab lainnya seperti limfadenitis TB atau limfoma.

Untuk sementara, hindari memencet atau memegang-megang benjolan, terutama apabila tangan sedang kotor. Hindari makanan pedas, berminyak, dan snack yang kurang bernutrisi; perbanyak buah dan sayuran. Banyak minum air putih agar aliran getah bening tetap lancar, ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

MSG merupakan salah satu pantangan makanan kelenjar getah bening yang perlu dihindari untuk mencegah pembengkakan

7 Pantangan Makanan untuk Penderita Kelenjar Getah Bening

Makanan merupakan penyebab utama terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati). Ada 7 Pantangan makanan bagi penderita kelenjar getah bening, seperti protein hewani (segala jenis daging, telur, dan susu), makanan cepat saji, makanan MSG, makanan olahan, dsb.