Apa penyebab benjolan di leher?

IR Info Penanya: IR, Pria, 17 Tahun
malam dok, mau tanya kemarin baru aja kena chikungunya dan skrng tiba" muncul benjolan di leher tapi gasakit dok terus kenyal gitu , berbahaya atau tidak ya dok? terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, IR.

Benjolan adalah kondisi abnormal pada tubuh, dimana permukaan kulit yang seharusnya lurus menjadi cembung. Benjolan dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, dengan ciri yang berbeda: ada yang licin atau berbonjol-bonjol, ukuran bervariasi, disertai nyeri atau tidak, dan lain-lain.

Benjolan di leher bisa disebabkan beberapa macam hal, misalnya:

  • Limfadenitis atau peradangan kelenjar getah bening leher. Biasanya ada gejala lain pada organ terdekat dari leher, seperti misalnya radang tenggorokan atau batuk.
  • Pembengkakan kelenjar tiroid
  • Lipoma, atau tumor jinak dari jaringan lemak

Apabila Anda mengalami benjolan di leher setelah terkena chikungunya, ada kemungkinan benjolan tersebut berhubungan atau tidak. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab pastinya, terlebih jika muncul tanda bahaya seperti benjolan yang membesar atau disertai nyeri hebat. Dokter akan mencari tahu diagnosis pasti penyakit Anda, kemudian memberikan penanganan yang tepat.

Untuk sementara, lakukan hal-hal berikut di rumah:

  • Hindari memencet-mencet benjolan
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi, perbanyak asupan vitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi
  • Tidur dengan bantal yang agak tinggi, agar benjolan terletak lebih atas daripada jantung, sehingga aliran darah lancar

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Persendian sakit dan pembengkakan menjadi tanda rheumatoid arthritis

Persendian Sakit Bisa Jadi Tanda Chikungunya dan Rheumatoid Arthritis, Apa Bedanya?

Persendian sakit dapat menjadi penanda berbagai penyakit, seperti chikungunya dan rematik (rheumatoid arthritis). Persendian sakit membuat penderitanya tidak nyaman karena sendi membengkak dan terasa nyeri.