Apa penyebab benjolan di leher?

AY Info Penanya: AY, Pria, 1 Tahun
Hallo dok saya mau tanya ,di leher saya ada benjolan ,kadang terasa sakit kadang juga engga ,kurang lebih udah satu tahun , tapi posisi nya ngegeser dan sekarang udah ga teraba lagi ,apakah itu berbahaya atau tidak? Saya belum sempat berobat juga dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AY,

Terimakasih atas pertannyaan Anda di SehatQ.

Benjolan di leher bisa terasa nyeri, namun bisa juga tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali ketika dipegang. Penyebab paling sering bisa di sebabkan karena kelenjar getah bening. Namun selain kelenjar getah bening beberapa penyebab lainnya :

  1. Pembengkakan kelenjar tiroid
    Pembengkakan kelenjar ini biasanya di sebabkan karena beberapa hal seperti kekurangan yodium, kelenjar yang terlalu aktif dan kurang aktif dan kanker tiroid
  2. Lymphadenitis
    Peradangan yang terjadi pada kelenjar getah bening, disebabkan oleh infeksi, sinus, amandel atau hal lainnya
  3. Abses
    Terdapat akumulasi nanah di leher penyebabnya bisa karena infeksi yang sudah berlangsung lama

Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi dan cukupi kebutuhan air putih, konsumsi juga makanan yang beryodium, olahraga teratur, dan jangan sering memegang benjolan tersebut. Dan karena benjolan tersebut sudah sejak lama sebaiknnya di konsultasikan lebih lanjut ke dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti Rongent atau biopsi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu jenis benjolan di kulit yang ada di kepala, yaitu keratosis seboroik.

Ada Benjolan di Kulit? Jangan Panik Dulu

Benjolan di kulit berpotensi menjadi penyakit berbahaya. Namun, ada juga benjolan di kulit yang tidak berbahaya,seperti keratosis pilaris, kutil, kapalan,dsb.