Kenapa ada benjolan di leher kanan anak saya?

L Info Penanya: L
Dok, sy mau tnya. Di leher sebelah kanan anak saya kok kayak ad benjolan kecil. Itu kira2 apa y ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ,

Benjolan di leher sebelah kanan biasanya di sebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening merupakan sistem dari kekebalan tubuh. Itulah sebabnya kenapa jika ada gangguan dalam tubuh misalnya infeksi bakteri, jamur, virus, atau terjadi inflamasi kelenjar getah bening akan membesar. Namun selain karena pembengkakan kelenjar getah bening, beberapa penyebab penyakit di benjolan sebelah kanan :

  • Infeksi : Infeksi bakteri merupakan penyebab tersering benjolan di leher seperti Staphylococcus aureus, Beta hemolytic streptococcus dan TB kelenjar, Infeksi virus seperti Epstein-Barr (EBV), HIV, campak, cacar air dan gondongan.
  • Gondok : Pembesaran jaringan abnormal pada kelenjar tiroid di leher
  • Lipoma : Benjolan berisi lemak yang berada diantara kulit dan otot
  • Kista : Benjolan berisi cairan yang biasanya akan menghilang tanpa perawatan atau penanganan tertentu

Benjolan di leher dapat menjadi penanda bagi beberapa penyakit. Untuk menentukan penyebab pastinya sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis Anak untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.