Benjolan di leher kiri nyeri apa penyebabnya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 20 Tahun
Saya mau tanya dok. Jadi 2 minggu lalu saya selesai pengobatan tb kelenjar. Tetapi sekarang benjolan di leher kiri sy sering nyeri pdhl sebelum2nya tidak nyeri. Saya jg ad amandel yg lmyn besar d bagian kiri juga tetapi itu sudah dari sy SD dan sekarang tidak terasa nyeri ataupun sakit. Nafsu makan saya jg menurun. Kadang mual dan pusing. Kemungkinan apa ada indikasi terkait benjolan tersebut ya dok? Terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Pembesaran kelenjar getah bening adalah salah satu cara tubuh untuk melawan infeksi bakteri atau virus, sehingga adanya proses infeksi akan sering ditandai dengan kelenjar getah bening yang sedikit membesar dan bisa teraba nyeri.

Namun adanya benjolan pada leher juga bisa disebabkan oleh:

  • Kista.
  • Lipoma akibat lemak berlebihan yang teraba bulat dan kenyal, namun tidak pernah sakit. Dan biasanya benjolan ini ada beberapa di bagian tubuh.
  • Abses. Benjolan akan tampak merah, dan terasa nyeri saat disentuh dan biasanya dengan berjalannya waktu akan semakin membesar.

Bila benjolan pada leher Anda teraba kembali, sebaiknya yang Anda lakukan adalah:

  • Kompres benjolan menggunakan air hangat.
  • Benjolan jangan ditekan-tekan agar tidak berubah menjadi keras.
  • Jaga daya tahan tubuh dengan cara banyak makan sayur, buah, minum air putih yang banyak, serta tidur yang teratur. Pastikan untuk tidak sering bergadang.

Bila dalam 2 minggu benjolan tidak menghilang, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter bedah. Biasanya dokter akan menyarankan untuk tindakan biopsi atau USG leher.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab payudara terasa nyeri dan kencang bisa menjadi tanda adanya penyakit

Payudara Sakit Belum Tentu Gejala Kanker, Mungkin Ini Penyebabnya

Penyebab payudara terasa nyeri dan kencang adalah karena perubahan hormon, kista, mastitis, hingga masalah kesehatan lainnya seperti iritasi atau ukuran payudara.