10 Jul 2020, 16:24Penyakit Lainnya

Benjolan di leher depan

SU
Info Penanya: SU, Pria, 24 Tahun
Sore dok,saya ingin bertanya Apakah kelenjar getah bening banget bisa tumbuh di tulang rawan? Tepat nya di bawah jakun?thanks,mohon di jawab ya
12438 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi R,Benjolan di leher adalah kondisi timbulnya benjolan yang bisa beragam ukurannya dan juga bisa timbul baik 1 benjolan ataupun beberapa benjolan. Lokasi timbulnya benjolan dan gejala lain yang timbul, bisa menjadi informasi untuk membantu dokter menentukan apa penyebabnya.

Penyebab benjolan di leher

Beberapa kemungkinan penyebab benjolan di leher yang bisa terjadi diantaranya:
  • Pembesaran kelenjar getah bening
  • Infeksi kelenjar getah bening seperti TBC kelenjar
  • Pembesaran kelenjar tiroid
  • Pembesaran kelenjar lemak atau lipoma
  • Penyebab lainnya
Jika benjolan dibawah jakun dapat merupakan lokasi kelenjar tiroid, jadi perlu perhatikan ada tidak gejala lain yang timbul seperti misalnya sering berdebar, penurunan berat badan, tidak tahan pada udara dingin atau panas, susah tidur, perubahan mood, keringat berlebih, mudah lelah maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis penyakit  untuk memastikannya.Apabila tidak ada gejala tersebut, tetapi benjolan dirasa membesar atau mengganggu maka bisa diperiksakan pada dokter atau dokter spesialis bedah untuk mencari tahu apa yang jadi penyebabnya. Nantinya akan dilakukan anamnesis atau wawancara medis mengenai keluhan yang terjadi, dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan baik pemeriksaan lab darah, USG sampai biopsi untuk memastikannya.Penanganan benjolan dileher sendiri bsia dilakukan dengan pengobatan ataupun perlu dilakukan tindakan pembedahan untuk menghilangkan benjolan tersebut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
benjoltumorkelenjar tiroid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil