22 Nov 2020, 07:31Penyakit Lainnya

Benjolan pada leher apakah selalu karena tiroid ?

E
Info Penanya: E0
Hallo dok, Saya ada benjolan di sebelah kiri leher dekat jakun,kalo nelan naik turun.Saya sudah ke dokter, dan periksa lab darah untuk cek tiroid&hematology.Hasilnya semua normal kecuali leukosit yang 10.45 (normalnya 4.6 - 10.2) di Biotest Lab.Setelah itu, dokter cuma kasih obat Lameson 8mg dan Truxantin untuk 5 hari,kl tidak kempes juga,br USG.Kalau menurut dokter, diagnosisnya apa?Skg baru hari ke2, msh belum terlalu signifikan perubahan nya..saya takut setelah 5 hari dan usg hasilny tdk bgs.
79 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat Siang El,Terima kasih atas pertanyaannya.Secara anatomi pada leher terdapat kulit, otot, lemak, kelenjar getah bening, kelenjar tiroid, pembuluh darah, saraf, tenggorokan dan kerongkongan. Benjolan pada leher sering dikaitkan dengan membesarnya kelenjar tiroid. namun tidak semua benjolan pada leher berasal dari tiroid.

Benjolan pada leher bisa diakibatkan hal-hal berikut ini :

  • Tulang tiroid yang menonjol pada pria (jakun)
  • Gangguan kelenjar tiroid
  • Infeksi pada jaringan bawah kulit (kista aterom, abses)
  • infeksi pada kelenjar getah bening (limfadenitis)
  • Kelenjar getah bening yang membesar karena adanya infeksi di sekitar lokasi (limfadenopati colli)
  • Tuberculosis limfadenopati 
  • Tumor jinak lemak (Lipoma)
Pemeriksaan yang tepat dapat dilakukan adalah dengan USG leher atau dengan biopsi jaringan pada benjolan tersebut. Hasil darah leukosit yang meningkat menunjukkan adanya infeksi bakterial. Benjolan yang diraba permukaannya licin dan masih bisa ikut naik-turun mengikuti gerakan biasanya merupakan masa yang jinak.Sebaiknya apabila ini menjadi suatu kekhawatiran anda dapat langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG atau biopsi jaringan sehingga mendapatkan pengobatan yang jelas dan tepat serta cepat untuk mencegah tingkat keparahan.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
hormon tiroidtuberkulosisbenjolan lemakbenjolan lipomalimfadenopati
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil