Benjolan di leher dan bahu, infeksi atau kelenjar getah bening?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dokter, Saya ada benjolan di daerah leher, kadang di pipi dan bahu. Akibatnya berat badan turun. Sudah konsultasi ke dokter katanya cuma infeksi. Gejalanya sering berulang dok, apakah benar cuma infeksi atau kelenjar getah bening, dok? Perlukah saya pemeriksaan ulang? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Benjolan yang muncul di sekitar leher bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  1. Limfadenitis/ peradangan pada kelenjar getah bening. Peradangan ini bisa disebabkan oleh infeksi biasa seperti ketika batuk pilek dimana benjolan akan menghilang ketika batuk pilek sembuh atau benjolan akan menetap bila penyebabnya infeksi TBC.
  2. Lipoma.
  3. Kista.
  4. Limfoma.

Bila teraba ada benjolan dan berat badan turun maka Anda perlu waspada, karena bisa saja disebabkan oleh limfadenitis TB, hipertiroid, dll. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut, seperti pemeriksaan darah, foto rontgen, dll.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah hindari memencet-mencet benjolan agar tidak bertambah besar, perbanyak konsumsi sayur dan buah, minum air putih yang banyak minimal 8 gelas, cukup istirahat dan jangan begadang untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, serta gunakan masker bila beraktivitas diluar ruangan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

MSG merupakan salah satu pantangan makanan kelenjar getah bening yang perlu dihindari untuk mencegah pembengkakan

7 Pantangan Makanan untuk Penderita Kelenjar Getah Bening

Makanan merupakan penyebab utama terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati). Ada 7 Pantangan makanan bagi penderita kelenjar getah bening, seperti protein hewani (segala jenis daging, telur, dan susu), makanan cepat saji, makanan MSG, makanan olahan, dsb.