Apa yang menyebabkan ada benjolan di ketiak?

NK Info Penanya: NK
Dok, saya mau tanya ini udah beberapa hari ketiak saya kayak bengkak tapi tidak sakit setelah diraba seperti benjol gitu,, apakah ini berbahaya ? Atau langsung ke RS aja ya dok?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Benjolan di ketiak bisa muncul karena pembengkakan dari kelenjar getah bening. Di daerah ketiak terdapat lebih dari 20 kelenjar getah bening. Benjolan tersebut muncul akibat pertumbuhan jaringan yang abnormal. Kadang disertai rasa sakit, gatal, bisa juga tidak disertai rasa sakit apa-apa. Ada banyak penyebab munculnya benjolan di ketiak.

Penyebab munculnya benjolan di ketiak, yaitu:
  • Infeksi bakteri atau virus. Ini terjadi ketika Anda melakukan peencabutan bulu ketiak sehingga menyebabkan bakteri mudah masuk ke folikel rambut ketiak. Bisa juga karena virus herpes zoster, cacar air, dan HIV.
  • Lipoma. Pertumbuhan jaringan lemak yang berada di bawah kulit. Jaringan ini biasanya jinak dan dapat terjadi kepada siapa saja.
  • Fibroadenoma. Tumor jinak yang tumbuh di daerah payudara sehinga menimbulkan benjolan di sekitar ketiak.
  • Hidradenitis suppurativa. Benjolan kemerahan di ketiak akibat tersumbatnya folikel rambut ketiak dan lama kelamaan bisa berubah menjadi abses, dan jaringan parut.
  • Reaksi alergi
  • Infeksi jamur
  • Limfoma (kanker kerlenjar getah bening)
  • Hormon. Produksi hormon tiroid yang berlebih dapat meyebabkan munculnya benjolan pada ketiak.
  • Lupus
  • Leukemia

Cara mengatasi benjolan di ketiak, Anda bisa mengompres dengan air hangat, menggunakan krim khusus, mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol. Jika benjolan semakin membesar dan tampak tidak wajar, saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter bedah agar dapat diketahui terlebih dahulu penyebabnya, apakah ganas atau tidak, sehingga diperoleh pengobatan yang tepat sesuai dengan diagnosa yang didapat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ria Irawan meninggal dunia setelah dua kali terdiagnosis kanker

Ria Irawan Meninggal Dunia Setelah Mengidap Kanker untuk yang Kedua Kali

Ria Irawan meninggal dunia, Senin, 6 Januari 2020, akibat kanker yang diidapnya. Setelah sempat sembuh dari kanker kelenjar getah bening, Ria kembali didiagnosis menderita kanker endometrium, yang akhirnya meluas hingga ke paru-paru dan otak.