12 Nov 2020, 23:13Kepala

Apakah penyebab benjolan di kepala?

RD
Info Penanya: RD0
Dok udah seminggu ini , ada beberapa benjolan kecil di kepala saya. Benjolannya merah tapi tidak bernanah. Satu benjolan ukurannya seperti sebesar ujung jari kelingking. Itu membuat saya merasakan sakit kepala dan telinga. Kira2 penyakit apa ya ? dan apa penyebabnya ?
609 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, RDTerima kasih atas pertanyaannya.Benjolan di kepala dapat menimbulkan suatu kekhawatiran tersendiri.  Beberapa benjolan dapat hilang dengan sendirinya walaupun ada beberapa benjolan yang memerlukan pemeriksaan lanjut.

Penyebab benjolan di kepala :

  • Cedera kepala seperti terbentur yang akan menimbulkan reaksi tubuh berupa benjolan yang dapat hilang dengan sendirinya beberapa hari kemudian apabila cedera termasuk ringan.
  • Kista
    Kantung yang tertutup pada bawah kulit.  Dapat berisikan kelenjar keringat, rambut.
  • Lipoma
    Benjolan lemak yang tumbuh di kulit kepala.  Teraba kenyal dan dapat digerakkan.  Apabila menekan saraf dapat menimbulkan rasa sakit. 
  • Folikulitis
    Peradangan pada folikel rambut yang menimbulkan benjolan.  Hal ini dapat terjadi karena infeksi atau iritasi kulit kepala karena bahan kimia.
  • Tumor
    Tumor yang muncul di kepala dapat berkembang menjadi jinak ataupun ganas.  Tumor pada kepala perlu tindakan operasi karena tidak dapat hilang dengan sendirinya.
Apabila benjolan menimbulkan rasa sakit dan tidak menghilang lebih dari 2 minggu, sebaiknya periksa ke dokter spesialis bedah guna pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui penyebab pasti benjolan sehingga penanganan dapat lebih tepat. Sementara ini hindari memegang atau menyentuh benjolan untuk mencegah semakin membesar, konsumsi parasetamol 500mg 3 kali sehari untuk mengurangi rasa nyeri. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat, dr. Farah
kistatumorfolikulitisbenjolan lipomacedera kepala
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil