Benjolan di kepala belakang.

FK Info Penanya: FK, Wanita, 27 Tahun
Dok saya mau tanya ni,, usia saya 26th... baru 1bln ini ada benjolan di kepala blakang bagian bawah,, benjolan bisa d gerak2kan..tp tidak sakit sama sekali... akhir2 ini sy merasa klo emosi sedikit trus pusing se... knp y dik
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FK,

Ada beberapa penyebab yang menimbulkan benjolan di area sekitar leher seperti :

  1. Lipoma. Benjolan yang disebabkan oleh lemak berlebih. Benjolan ini teraba kenyal dan dapat digerakkan. Pada umumnya benjolan ini tidak menimbulkan nyeri namun bila benjolan ini menekan saraf yang ada di sekitarnya, maka akan merangsang munculnya rasa nyeri.
  2. Kista. Benjolan ini seringkali tidak disadari dan baru terasa ketika benjolan sudah membesar.
  3. Limfoma. Kanker yang menyerang kelenjar getah bening ini akan menyebabkan teraba benjolan yang bisa muncul di ketiak, selangkangan, dan leher. Selain itu bisa disertai keluhan seperti  gatal di kulit, penurunan nafsu makan dan berat badan, berkeringat di malam hari.
  4. Limfadenopati. Pembesaran pada kelenjar getah bening ini merupakan pertanda bahwa sedang ada masalah di dalam tubuh seperti infeksi bakteri, atau virus.

Untuk menghindari benjolan bertambah besar, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini :

  1. Hindari menyentuh benjolan.
  2. Kompres dengan air hangat bila terasa nyeri.
  3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  4. Istirahat cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bila benjolan dirasakan semakin membesar, muncul keluhan nyeri, kemerahan, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan kecil di leher dapat diakibatkan oleh berbagai penyakit dan kondisi medis

7 Penyebab Benjolan Kecil di Leher

Benjolan kecil di leher dapat disebabkan oleh berbagai penyakit dan kondisi medis tertentu, seperti lipoma, kita, dan jerawat. Jika benjolan di leher membesar, Anda perlu berkonsultasi ke dokter.