Apa penyebab benjolan di kelopak mata?

AM Info Penanya: AM, Pria, 33 Tahun
Anak saya usia 1thn, di kelopak mata atas ada benjolan merah kecil, awalnya waktu dia sakit panas,sekarang panas nya sudah normal tp benjolannya masih ada,apa itu berbahaya?, Mohon penjelasannya dok, makasih,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AMR.

Mata adalah salah satu indra manusia, yang berfungsi untuk melihat. Mata dilindungi oleh bulu dan kelopak mata untuk mencegah benda asing masuk ke mata. Apabila seseorang memiliki gangguan pada mata, tentu akan membuat tidak nyaman dan bisa saja mengalami gangguan penglihatan.

Salah satu gangguan pada mata adalah hordeolum (bintitan), yaitu benjolan pada kelopak mata. Benjolan biasanya memerah, terasa nyeri, dan gatal. Hal ini disebabkan karena infeksi kelenjar minyak mata karena bakteri. Hordeolum biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-3 minggu.

Apabila benjolan tidak sembuh dan tetap ada, hordeolum tersebut akan disebut sebagai kalazion. Berbeda dengan hordeolum, kalazion tidak menimbulkan nyeri. Dalam ukuran tertentu, kalazion bisa mengganggu penglihatan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter spesialis mata untuk memastikan apakah sebenarnya benjolan tersebut. Dokter akan menentukan penyebabnya, dan memberikan terapi yang sesuai, bisa obat-obatan ataupun tindakan operasi kecil. 

Untuk sementara, kompres benjolan dengan air hangat 2-3 kali sehari selama 10-15 menit. Selain itu, hindari memencet atau memegang benjolan, karena dapat memicu infeksi lanjutan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintitan dan kalazion berbeda meski sama memiliki benjolan di kelopak mata

Benjolan di Kelopak Mata, Akibat Bintitan atau Kalazion?

Bintitan ataupun Kalazion sama-sama memunculkan gejala berupa benjolan di kelopak mata. Namun, rasa sakit yang dirasakan ternyata membedakan keduanya.