25 May 2021, 15:18Mata

Benjolan di kelopak mata dalam bagian bawah

JK
Info Penanya: JK0
Sore dok,saya mau tanya dulu tahun 2017 mata saya sempat ada benjolan di dalem kelopak mata dalam bagian bawah. Lalu saya ke klinik dan tindakan dokter adalah menyayat benjolan tersebut lalu setelah itu sembuh. Sekarang muncul lagi benjolan tersebut,mata saya terasa gatal sekali,suka berair dan kadang kadang merah,namun benjolan yang sekarang tidak sebesar yang dulu. Kira kira saya harus pakai obat apa ya dok?
167 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi JKBagian luar mata dilindungi oleh bulu mata yang tumbuh pada kelopak mata. Kelopak mata memiliki kulit, otot, rambut atau bulu mata, klenjar lemak, kelenjar keringat dan kelenjar air mata.

Benjolan Di Kelopak Mata

Adanya benjolan pada kelopak mata bisa mengindikasikan adanya penyumbatan pada saluran kelenjar minyak yang bisa menjadi bintitan. Bintitan ini bisa karena hordeolum yang muncul pada bagian tidak berambut pada kelopak mata atau kalazion yang timbul di bagian kelopak mata yang berambut. Benjolan ini bisa disertai dengan rasa mengganjal, gatal, kemerahan dan mata berair.

Mengatasi Benjolan Kelopak Mata

Jadi kemungkinan benjolan di kelopak mata bagian dalam anda adalah hordeolum. Kondisi ini bukanlah hal yang serius atau berbahaya sehingga anda tidak perlu cemas. Hodeolum ini bisa sembuh dengan sendirinya bila dilakukan perawatan dengan baik. Langkah-langkah perawatannya adalah:
  • Kompres hangat pada bagian benjolan
  • Bisa gunakan teh hitam celup
  • Cuci tangan sebelum dan setelah memegang mata
  • Hindari mengucek atau memencet benjolan
  • Dapat gunakan salep atau obat tetes antibiotik untuk mata yang diresepkan oleh dokter
Benjolan akan membaik dalam 1-2 minggu. Namun bila tidak ada perubahan atau benjolan semakin ebrtambah besar dan keras, sebaiknya periksakan langsung ke dokter spesialis mata untuk tatalaksana lebih lanjut.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
kesehatan matabintitankalazionhordeolum
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil