Benjolan di kelopak mata bawah sebesar biji jagung

DP Info Penanya: DP, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, saya mempunyai benjolan dibagian kelopak bawah mata, benjolan ini kira-kira sebesar biji jagung, awalnya benjolan ini ada mata sebelah kiri (bagian dalam mata yg sekarang sudah tidak ada, lalu tumbuh lagi disudut mata) dan sekarang bertambah 1 lagi di mata sebelah kanan. Saat saya berobat kata dokternya ini hanya jerawat saja dan sudah diberikan salep mata, saya pakai salep mata tersebut dan keesokan harinya mata saya gatal dan terkadang perih sampe panas, saya juga sudah coba kompres dengan air hangat dan masih belum mengecil maupun tetapi ini sudah 1 tahun belum hilang juga, saat saya berobat lagi ke dokter tersebut dan katanya sakitnya masih jerawat, jadi yang mau saya tanyakan apakah ini memang jerawat atau apa ya dok? dan cara supaya benjolan ini hilang gimana ya dok? mohon dibantu, terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DP

Benjolan di kelopak mata bawah dapat disebabkan oleh dua kondisi yaitu hordeolum dan kalazion.

Hordeolum biasa disebut bintilan/bintitan/bisul kelopak mata terjadi akibat infeksi peradangan dari kelenzar meibom pada kelompak mata, biasanya benjolan seperti biji jagung terasa nyeri dan panas. Infeksi kelenjar ini dapat hilang dengan pemberian kompress air hangat dan antibiotik salep mata.

Selain itu juga terdapat kalazion yang merupakan benjolan di kelopak mata akibat peradangan sumbatan kelenjar meibon dan zeis yang berfungsi menjadi pelumas kelopak mata. Benjolan kelazion sering tidak mengebabkan rasa nyeri, untuk menghilangkan harus di eksisi secara bedah, benjolan harus di angkat oleh dokter spesialis mata untuk memastikan benjolan kalazion yang ganas atau jinak. Biasanya dokter mata akan melakukan eksisi lokal untuk benjolan ini

Salam saya anda kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis mata jika keluhan benjolan tidak hilang karena sudah 1 tahun masih menetap, bisa jadi itu merupakan kalazion yang harus di eksisi. 

Salam sehat

dr.Zulham

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Radang kelopak mata sebabkan kulit terasa gatal maupun bengkak di sekitar kelopak mata

Penyebab Radang Kelopak Mata dan Cara Mengobatinya

Penyebab radang kelopak mata beragam, dimulai dari virus, bakteri, atau benda asing yang masuk ke dalam mata. Kondisi ini dapat memicu rasa gatal dan bengkak pada kelopak mata. Mengompres mata menjadi salah satu cara menangani radang kelopak mata.