Benjolan di gusi muncul lagi setelah 16 tahun

CL Info Penanya: CL, Wanita, 48 Tahun
Selamat sore dok... Keluhan sy didalam mulut diatas gusi itu ada benjolan ini sama seperti 16 tahun yg lalu sudah sy operasi.dan ini ada lagi, tp ini sebelah kiri atas gusi, sakit sekali dok, bila sy sentuh, apakah ini penyakit yg sama dok...mohon jawabannya nya dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CLM,

Benjolan yang muncul di gusi bisa disebabkan oleh beberapa kelainan seperti :

  1. Mucocele. Benjolan ini dapat muncul di lidah, bibir bagian dalam, dan gusi. Benjolan ini disebabkan karena kelenjar ludah yang ada di rongga mulut tersumbat. Kebiasaan seperti menggigit bibir bagian dalam, menggosok gigi dengan kasar dapat menimbulkan trauma pada bagian dalam bibir, lidah maupun gusi, dan dalam proses penyembuhannya akan menyumbat kelenjar ludah ini, sehingga akan muncul benjolan yang berisi cairan. Benjolan pada mucocele ini dapat sembuh sendiri namun terkadang memerlukan penanganan dari dokter gigi berupa operasi kecil. Meskipun sudah dilakukan operasi, namun ada kemungkinan untuk kambuh kembali selama kelenjar ludah masih tersumbat.
  2. Radang gusi. Peradangan pada gusi akan menyebabkan gusi berwarna lebih merah, bengkak, dan nyeri. Peradangan ini bisa disebabkan cara menggosok gigi yang tidak benar.
  3. Abses gusi. Adanya infeksi bakteri di dalam gusi dapat menimbulkan benjolan yang berisi nanah. Pada abses gusi sering disertai keluhan badan demam.

Karena banyak kelainan yang dapat mengganggu kesehatan gusi, maka kita perlu menjaga kesehatan rongga mulut dengan cara :

  1. Rutin menggosok gigi setelah sarapan pagi dan sebelum tidur.
  2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  3. Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis.
  4. Perbanyak konsumsi air putih untuk membilas rongga mulut.
  5. Hindari makan makanan yang terlalu panas atau dingin.

Bila benjolan yang Anda rasakan semakin besar, nyeri, hingga berdarah, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembersihan karang gigi perlu dilakukan setidaknya setiap enam bulan sekali

Bagaimana Sih Proses Pembersihan Karang Gigi? Yuk, Kenali Lebih Jauh

Pembersihan karang gigi seharusnya rutin dilakukan setiap enam bulan sekali. Cara membersihkan karang gigi yang paling efektif adalah dengan melakukan scaling gigi.