Benjolan di mulut dengan gigi yang berlubang, apakah penyebabnya?

FW Info Penanya: FW
Dok, saya mau tanya. Baru saja saya melihat di dalam mulut sesuatu yg bikin saya akhir-akhir ini sulit mengunyah. Ternyata ada gigi yg berlubang (graham) dan persis di sampingnya atas dinding mulut ada benjolan kecil dibawahnya ada sariawan. Saya bingung dok ini kenapa? ?? Mohon pencerahannya dok. Thanks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Mempunyai gigi yang sehat, bersih putih dan kuat adalah idaman setiap orang. Selain gigi dapat membantu saat berbicara dan mengunyah makanan, gigi juga memiliki nilai estetika tersendiri bagi penampilan seseorang. Gigi berlubang adalah kondisi dimana terdapat bercak / lubang keabuan atau kehitaman pada gigi, disertai dengan gigi yang sensitif, peradangan / pembengkakan bahkan infeksi pada gusi (ginggivitis) serta menimbulkan rasa nyeri dan bau mulut.

Tindakan yang akan dilakukan dokter gigi untuk mengatasi gigi berlubang berbeda-beda tergantung dari derajat keparahan kerusakan gigi. Adapun beberapa tindakan yang mungkin akan dilakukan adalah Gigi berlubang bisa hanya mengenai lapisan terluar gigi, yang biasanya dilakukan pemberlian gel / pasta flouride, dilakukan perawatan pada gigi berupa penambalan, dilakukan perawatan pada saluran akar gigi, atau bahkan dilakukan pencabutan.

Terkait dengan keluhan benjolan kecil pada sekitar gigi yang berlubang bisa disebabkan oleh, adanya ginggivitis (peradangan gusi), adanya kista, atau karena adanya kondisi medis pada rongga mulut yang lainnya.

Untuk dapat memastikannya sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter gigi terdekat agar dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan. Jaga kebersihan rongga mulut Anda, biasakan menggosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur, pakailah pasta gigi dan sikat gigi yang sesuai dengan gigi dan gusi Anda, konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta cukupi kebutuhan cairan harian Anda.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras harus dilakukan oleh dokter gigi

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras Ini Dianjurkan Dokter

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras harus dilakukan dengan segera. Pasalnya, karang gigi dapat menimbulkan berbagai masalah pada gigi dan gusi Anda bila terus dibiarkan. Karang gigi hanya bisa dihilangkan dengan bantuan dokter gigi.