Benjolan di dalam telinga dan telinga gatal, apa penyebabnya?

L Info Penanya: L, Wanita
Dok belakangan ini saya sering terganggu akibat telinga gatal, lalu dari beberapa hari yang lalu, saya merasa seperti ada benjolan di dalam telinga saya. Itu kenapa ya, dok? Parah tidak ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Keluhan gatal pada telinga bisa disebabkan oleh kotoran yang menumpuk, infeksi di dalam telinga, atau adanya serangga yang masuk ke dalam telinga. Namun bila muncul benjolan di dalam telinga yang masih bisa diraba dari luar, biasanya disebabkan oleh infeksi dan disebut dengan istilah otitis eksterna. Hal ini dapat terjadi bila lapisan kulit pada telinga mengalami trauma misal ketika kita sedang membersihkan telinga dan tidak sengaja menggores lapisan kulit tersebut.

Pada umumnya otitis eksterna akan sembuh sendiri dalam beberapa hari, Anda cukup melakukan kompres air hangat pada benjolan tersebut dan hindari memecahkan benjolan. Namun bila benjolan tersebut tidak segera membaik, Anda perlu memberikan obat tetes antibiotik khusus untuk telinga atau melakukan konsultasi dengan dokter THT.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telinga balita ternyata mampu mentolerir suara dari film yang diputar saat nonton bioskop

Bolehkah Ajak Anak Balita Nonton Bioskop? Ini Kata Dokter Spesialis THT

Telinga balita masih mampu mentolerir suara film di bioskop. Namun, orang tua harus tetap memperhatikan film yang akan ditonton. Jika mendengar suara terlalu keras, balita berisiko mengalami gangguan pada telinga dalam.