Benjolan di dalam mulut di kedua sisi pipi.

RA Info Penanya: RA, Pria
Selamat siang, di gusi sy kemerahan banyak karang gigi tapi sy tidak pernah merasa sakit gigi, dan saat ini di pipi bagin dalam saya spt da benjolan lembut ditekan tidak sakit ada dikedua sisi pipi dalam,kl sy perhatikan menyambung ke arah gusi atas yg kemerahan, tdak ada rasa sakit saat ditekan dan sdh hampir 2th ukurannya segitu2 saja, telinga dan pipi kadang rasa sakit saat gusi sakit walau jarang, pertanyaan sy benjolan dikedua sisi pipi itu biasanya apa ya dok? Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RA.

Jadi karang gigi itu adalah berkumpulnya bakteri dan sisa makanan. Bakteri mengeluarkan zat yang lama-kelamaan bisa mengakibatkan gigi berlubang dan infeksi di tempat lain (dalam hal ini kulit bagian dalam rongga mulut). Benjolan yang sudah 2 tahun lebih biasanya sudah membentuk kista.

Pada awalnya ada peradangan, kulit merah dan terasa nyeri. Kemudian kulit membengkak dan diisi cairan nanah dari bakteri. Pada fase ini akan sangat sakit sampai dengan pecah dan keluar nanahnya, setelah keluar nyeri akan berkurang tapi infeksi masih tetap ada dan akan berulang. Daya tahan tubuh akan bereaksi dengan membentuk dinding yang memisahkan jaringan sehat dan jaringan yang terinfeksi. Inilah yang disebut kista.

Untuk menanganinya lebih baik Anda konsultasi dengan dokter gigi karena bagian dalam rongga mulut tentu mereka yang lebih memahami tatalaksananya. Saya lampirkan artikel mengenai Pentingnya Menjaga Kesehatan Mulut, dari Cegah Infeksi Gusi hingga Penyakit Jantung untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gusi bengkak pada anak dapat disebabkan oleh abses gigi dan radang gusi pada gigi anak

Penyebab Gusi Bengkak pada Anak dan Cara Mengobatinya

Gusi bengkak pada anak adalah masalah kesehatan rongga mulut yang sering terjadi. Gusi bengkak biasanya disebabkan oleh abses gigi dan radang gusi. Gusi bengkak akibat abses gigi dapat diobati dengan meminum obat pereda nyeri, sedangkan radang gusi diobati dengan membersihkan karang gigi.